KERJASAMA ANTARA GURU DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN BAHASA POSITIF AUD DI AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SAPEN YOGYAKARTA

NUR KHOLIDAH NASUTION NUR KHOLIDAH NASUTION, NIM. 1620430016 (2018) KERJASAMA ANTARA GURU DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN BAHASA POSITIF AUD DI AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SAPEN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KERJASAMA ANTARA GURU DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN BAHASA POSITIF AUD DI AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SAPEN YOGYAKARTA)
1620430016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KERJASAMA ANTARA GURU DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN BAHASA POSITIF AUD DI AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SAPEN YOGYAKARTA)
1620430016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Meningkatkan bahasa positif anak merupakan hal yang penting diterapkan mulai sejak usia dini. Anak yang tidak memiliki etika berbahasa dan menggunakan nada kasar ketika berkomunikasi dengan guru maupun murid, karena dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Selain itu, anak yang sering ribut dan tidak mendengarkan guru ketika sedang mengajar di dalam kelas. Bahkan ketika guru sedang menyuruh anak, akan tetapi anak tersebut cuek dan tidak mendengarkan gurunya. Oleh karena itu, membutuhkan adanya kerjasama antara guru dan orang tua. Dengan demikian ada tiga fokus utama dalam penelitian ini. Pertama adalah mengapa kerjasama antara guru dan orang tua penting. Kedua, bagaimana pola kerjasama antara guru dan orang tua dalam meningkatkan bahasa positif anak. Ketiga, apa hasil kerjasama antara guru dan orang tua dalam meningkatkan bahasa positif anak. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang diarahkan pada penelitian lapangan (field research). Untuk bisa memahami tentang bagaimana kerjasama antara guru dan orang tua dalam meningkatkan bahasa positif anak. Adapun penelitian ini menggunakan empat pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket (wawancara secara tertulis), dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara merangkum data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Selanjutnya untuk mengetahui keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dengan membandingkan keadaan dan hasil wawancara dengan dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada tiga alasan mengapa kerjasama antara guru dan orang tua penting. Pertama, guru dan orang tua merupakan pembimbing bagi anak ketika di sekolah maupun di rumah. Kedua, melatih dan membiasakan anak berkomunikasi dengan sopan dan lemah lembut. Ketiga, menghindari guru dan orang tua saling menyalahkan dalam permasalahan anak. (2) pola kerjasama antara guru dan orang tua dalam meningkatkan bahasa positif anak melalui lima kegiatan, yaitu pertemuan orang tua murid dan guru (POMG), konsultasi, komunikasi melalui media sosial, keterlibatan orang tua dalam pembelajaran anak di rumah, peminjaman buku perpustakaan di sekolah. Proses pelaksanaannya sudah lumayan cukup baik. (3). hasil kerjasama antara guru dan orang tua dalam meningkatkan bahasa positif, anak lebih sopan berbicara, senang mendengarkan cerita, mampu bercerita, lebih berani bertanya dan menjawab pertanyaan, serta bisa membedakan bahasa yang baik dan kurang

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Muqowim, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Kerjasama guru dan orang tua, bahasa positif, AUD
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 04 Jan 2019 01:58
Last Modified: 04 Jan 2019 01:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32206

Actions (login required)

View Item View Item