ANALISIS HUKUM INVESTASI SAHAM SYARIAH PADA EMITEN YANG DIKELUARKAN DARI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI) DALAM TINJAUAN AŻ -ŻARÎ’AH

RAHMADI WIDYA YUWANA, NIM. 13380048 (2018) ANALISIS HUKUM INVESTASI SAHAM SYARIAH PADA EMITEN YANG DIKELUARKAN DARI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI) DALAM TINJAUAN AŻ -ŻARÎ’AH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS HUKUM INVESTASI SAHAM SYARIAH PADA EMITEN YANG DIKELUARKAN DARI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI) DALAM TINJAUAN AŻ -ŻARÎ’AH)
13380048_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS HUKUM INVESTASI SAHAM SYARIAH PADA EMITEN YANG DIKELUARKAN DARI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI) DALAM TINJAUAN AŻ -ŻARÎ’AH)
13380048_BAB-II_IV_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Investasi saham syariah adalah salah satu instrumen investasi yang dimanfaatkan oleh para investor untuk mengambil keuntungan. Namun yang menjadi permasalahan adalah perusahaan yang screening dalam ISSI (Indeks Saham Syariah Indonesia) ternyata berpotensi menjadi perusahaan yang non-syariah. Perusahaan itu dapat dikeluarkan apabila melanggar dua kriteria yang ditetapkan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Dua kriteria itu adalah financial screening dan business screening. Ketika perusahaan dikeluarkan dari ISSI maka menimbulkan pertanyaan mengenai status hukum islam tentang investor yang berinvestasi diperusahaan tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan pendekatan normatif. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif analitik. Dalam metode pengumpulan data penyusun menggunakan Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah kepustakaan, yaitu peneliti memanfaatkan segala macam sumber-sumber pustaka yang sesuai dengan permasalahan yang diteliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa status investasi pada perusahaan yang dikeluarkan dari ISSI ada yang diperbolehkan dan ada yang dilarang. Jika perusahaan dikeluarkan dikarenakan bisnisnya berubah menjadi bisnis yang dilarang, maka investasinya dilarang. Jika perusahaan yang dikeluarkan karena melebihi rasio keuangan atau telat menyerahkan laporan keuangan, maka selanjutnya dilihat dari berpotensi masuk kembali pada screening saham syariah selanjutnya, jika ada potensi maka hukumnya bisa halal bisa haram sesuai alasan yang melatar belakangi. Jika perusahaan dikeluarkan karena terlambat melaporkan laporan keuangan, maka hukumnya adalah bisa halal bisa haram, sesuai dengan hal yang melatar belakangi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Abdul Mujib, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Investasi Saham Syariah, Screening Saham Syariah
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 04 Jan 2019 03:57
Last Modified: 04 Jan 2019 03:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32209

Actions (login required)

View Item View Item