DAMPAK PERBEDAAN MODEL POLA ASUH ORANG TUA PADA PROSES PENUMBUHAN KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA DINI DI RAUDLATUL ATFAL AR RAIHAN BANTUL YOGYAKARTA

NURJANAH, NIM. 1620430017 (2018) DAMPAK PERBEDAAN MODEL POLA ASUH ORANG TUA PADA PROSES PENUMBUHAN KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA DINI DI RAUDLATUL ATFAL AR RAIHAN BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK PERBEDAAN MODEL POLA ASUH ORANG TUA PADA PROSES PENUMBUHAN KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA DINI DI RAUDLATUL ATFAL AR RAIHAN BANTUL YOGYAKARTA)
1620430017_BAB-I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK PERBEDAAN MODEL POLA ASUH ORANG TUA PADA PROSES PENUMBUHAN KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA DINI DI RAUDLATUL ATFAL AR RAIHAN BANTUL YOGYAKARTA)
1620430017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Disiplin merupakan salah satu karakter yang sangat penting untuk ditumbuhkan pada anak, karena melatih sikap mental dan keteguhan hati dalam melaksanakan apa yang semestinya dilakukan dan telah diputuskan. Karakter disiplin pada anak usia dini tidak muncul secara tiba-tiba, tetapi dimulai melalui rutinitas yang dilakukan secara konsisten setiap hari. Selain sekolah dalam menumbuhkan karakter disiplin, keluarga memiliki peranan yang sangat penting dalam membentuk perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangan anak dan karakteristik anak. Perbedaan pola asuh yang diterapkan keluarga dalam mendidik anak akan berpengaruh pada perilaku anak terutama yang berkaitan dengan karakter kedisiplinan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penumbuhan karakter disiplin anak usia dini, untuk mengetahui model pola asuh orang tua dalam penumbuhan karakter disiplin dan untuk mengetahui pencapaian penumbuhan karakter disiplin berdasarkan pada perbedaan pola asuh orang tua di RA Ar Raihan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif yang mengambil lokasi di RA Ar Raihan Bantul, dengan sampling kelas A3. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari data tersebut dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data penlitian ini, menggunakan trianggulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, proses penumbuhan karakter disiplin di RA Ar Raihan Bantul dilaksanakan dengan pembiasaan rutin dan pembiasaan keteladanan. Kedua, model pola asuh orang tua yang diterapkan adalah pola asuh demokratis, pola asuh temporizer, pola asuh appeasers, pola asuh permisif. Ketiga, hasil pencapaian penumbuhan karakter disiplin di RA Ar Raihan Bantul, berdasarkan pada perbedaan model pola asuh orang tua adalah hasil dari model pola asuh demokratis dan appeasers membuat anak dapat menerima proses penumbuhan karakter disiplin pada anak usia dini di kelas TK A, model pola asuh temporizer menjadikan anak dapat menerima sebagian karakter disiplin yang diajarkan guru. Sedangkan proses penumbuhan karakter disiplin dengan model pola asuh permisif menghasilkan anak yang sulit menerima penumbuhan karakter disiplin di RA Ar Raihan Bantul.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Sumedi, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Penumbuhan Karakter Disiplin, Pola Asuh
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 04 Jan 2019 14:08
Last Modified: 04 Jan 2019 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32211

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum