EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS “BUKU BAHASA ARAB QUR'ANI” DI KELAS VIII A SMP ISLAM AL AZHAR 26 YOGYAKARTA

Ahmad Asyhar Adaby, NIM :14420039 (2018) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS “BUKU BAHASA ARAB QUR'ANI” DI KELAS VIII A SMP ISLAM AL AZHAR 26 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS “BUKU BAHASA ARAB QUR'ANI” DI KELAS VIII A SMP ISLAM AL AZHAR 26 YOGYAKARTA)
14420039_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS “BUKU BAHASA ARAB QUR'ANI” DI KELAS VIII A SMP ISLAM AL AZHAR 26 YOGYAKARTA)
14420039_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab, bagaimana hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran bahasa Arab, apakah pengajaran bahasa Arab di Kelas VIII A SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta sudah bisa dikatakan efektif atau tidak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode, obsevasi, interview, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu pengambilan data, data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab Berbasis “Buku Bahasa Arab Qur’ani” di Kelas VIII A SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta, Metode pembelajarannya terlebih dahulu dikenalkan kosakata, kemudian penjelasan qowaid, dan latihan membaca teks berbahasa Arab. Dari penelitian yang dilakukan penulis, Efktivitas Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis “Buku Bahasa Arab Qur’ani” di Kelas VIII A SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta. dapat dilihat dari beberapa hal, yaitu: Berdasarkan hasil angket yang telah penulis bagikan dapat dilihat bahwa jawaban dari mayoritas responden terhadap pertanyaan-pertanyaan penulis yang berkaitan dengan efektivitas pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan buku tersebut menunjukkan skor yang tinggi: yaitu responden merasa penggunaan Buku Bahasa Arab Qur’ani” sudah efektif. Berdasarkan rata-rata nilai ujian semester ganjil menunjukkan skor yang tinggi., yaitu 88.2 hal ini dapat dikategorikan baik sekali. Dengan melihat hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab Berbasis “Buku Bahasa Arab Qur’ani” di Kelas VIII A SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta telah berjalan efektif dan dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab. Kata kunci : Efektivitas, Pembelajaran, dan Bahasa Arab Qur’ani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Ahmad Rodli, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran, dan Bahasa Arab Qur’ani.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Jan 2019 07:38
Last Modified: 04 Jan 2019 07:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32214

Actions (login required)

View Item View Item