PENANAMAN NILAI-NILAI ENTREPRENEURSHIP DALAM MENINGKATKAN ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI KELOMPOK B TK KHALIFAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA)

NURKAMELIA MUKHTAR AH, NIM. 1620430019 (2018) PENANAMAN NILAI-NILAI ENTREPRENEURSHIP DALAM MENINGKATKAN ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI KELOMPOK B TK KHALIFAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI-NILAI ENTREPRENEURSHIP DALAM MENINGKATKAN ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI KELOMPOK B TK KHALIFAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA))
1620430019_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI-NILAI ENTREPRENEURSHIP DALAM MENINGKATKAN ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI KELOMPOK B TK KHALIFAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA))
1620430019_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (11MB)

Abstract

Entrepreneurship membentuk karakter pada diri anak dengan penanaman nilai diantaranya: mandiri, kreatif, berani mengambil resiko, tanggung jawab dan lain sebagainya. Nilai-nilai tersebut berperan penting dalam aspek perkembangan AUD. Khususnya aspek sosial emosional, aspek bahasa, aspek kognitif dan lainnya. TK Khalifah salah satu TK berbasic Entrpreneurship yang mendukung life skills anak didik dengan berbagai program unggulan seperti market day. Permasalahan dalam penelitian ini adalah:1) Mengapa TK Khalifah berbasic Entrepreneurship, 2) Bagaimana wujud proses penanaman nilai-nilai entrepreneurship dalam meningkatkan aspek perkembangan AUD, dan 3) Apa dampak entrepreneurship bagi 6 aspek perkembangan AUD di Kelompok B TK Khalifah?. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap program entrepreneurship di TK Khalifah yang meliputi: Market day, Cooking Class, dan Field Trip. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi terhadap pelaksanaan kegiatan market day, kegiatan visit to cullinare, outing technology. Wawancara dengan kepala sekolah, wali kelas dan guru centra. Dokumentasi berdasarkan buku panduan parenting book, kurikulum sekolah, RKH, dan daily report sebagai bentuk assasementnya atas kegiatan program entrepreneurship. Analisis data kualitatif menggunakan analisis data model Miles dan Huberman, data diproses dan dianalisis melalui tiga kegiatan analisis, yaitu reduksi data, data display, dan kesimpulan/verifikasi. Landasan teori entrepreneurship dari Thomas W. Zimmerer dan teori perkembangan anak menurut Vygotsky yaitu teori konstruktivisme. Temuan hasil penelitian ini:1) TK Khalifah berbasic entrepreneurship, karena TK ini menjadi sebagai salah satu lembaga pendidikan yang mengintegrasikan nilai-nilai entrepreneurship dalam aspek perkembangan anak dengan mendoktrin anak menjadi moslem entrepreneur. Sebagai sarana untuk mengembangkan potensi, kualitas dan produktivitas anak. Sebagai sarana menumbuhkan kesadaran mandiri dengan meneladani Rasulullah SAW sebagai seorang pengusaha. 2) Proses penanaman nilai entrepreneurship melalui sistem pembelajaran BCCT, melalui kegiatan entrepreneurship seperti: market day, cooking class, field trip, ektrakurikuler angklung dan pembiasaan (dialog entrepreneurship). 3) Dampak nilai entrepreneurship adalah dari beberapa aspek yaitu : sosial emosional anak memiliki sifat empati pada orang lain, dari aspek kognitif anak berfikir kreatif, dari aspek bahasa anak menjadi komunikatif, dari aspek fisik motorik anak memiliki semangat tinggi untuk menghasilkan sebuah karya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H Abdul Munip, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Penanaman, Nilai Entrepreneurship, Aspek Perkembangan AUD
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 04 Jan 2019 14:47
Last Modified: 04 Jan 2019 14:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32215

Actions (login required)

View Item View Item