TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP LELANG HAK TANGGUNGAN ATAS PENYELESAIAN PEMBIAYAAN MACET DI BPRS HARTA INSAN KARIMAH YOGYAKARTA

UCI HARDIKA SARI, NIM. 13380082 (2018) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP LELANG HAK TANGGUNGAN ATAS PENYELESAIAN PEMBIAYAAN MACET DI BPRS HARTA INSAN KARIMAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP LELANG HAK TANGGUNGAN ATAS PENYELESAIAN PEMBIAYAAN MACET DI BPRS HARTA INSAN KARIMAH YOGYAKARTA)
13380082_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP LELANG HAK TANGGUNGAN ATAS PENYELESAIAN PEMBIAYAAN MACET DI BPRS HARTA INSAN KARIMAH YOGYAKARTA)
13380082_BAB-II_sampai_SEBELUM_BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Bank Pembiayaan Rakyat Syariah merupakan salah satu lembaga keuangan yang hadir ditengah masyarakat dan berpegang pada aturan ekonomi Islam. Produk pembiayaan menjadi salah satu bentuk penawaran yang diberikan oleh bank kepada nasabah dalam perannya sebagai lembaga penyalur dana. Munculnya pembiayaan macet di perbankan syariah disebabkan karena nasabah melakukan wanprestasi terhadap kewajibannya kepada bank yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Sehingga dalam penyelesaiannya perbankan syariah mempunyai strategi penyelesaian pembiayaan macet dan disesuaikan dengan kondisi nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di BPRS HIK Yogyakarta. Sifat dari penelitian ini adalah deskriptif yaitu peneliti berusaha mengambarkan kondisi sebenarnya yang terjadi di lapangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan normatif, yakni peneliti menganalisis permasalahan berdasarkan norma yang terkandung dalam hukum Islam yang bersumber dari al-Qur’an dan Hadis, serta menggunakan kaidah hukum yang sesuai dengan masalah tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara kepada pihak-pihak yang bersangkutan maupun pihak-pihak yang mengetahui terkait dengan masalah tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa nasabah yang tidak membayar utang telah melakukan wanprestasi yang tidak dibenarkan menurut hukum Islam. Dalam proses penyelesaian pembiayaan macet BPRS HIK melihat kondisi nasabah yang bersangkutan. Kondisi yang dimaksud adalah kondisi sesuai dengan kemampuan nasabah, seperi karakter dan faktor lain yang mempengaruhi pembiayaan macet terjadi. Lelang jaminan menjadi proses penyelesaian terakhir yang dilakukan oleh BPRS Harta Insan Karimah Yogyakarta melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). Proses jual beli lelang yang dilakukan di kantor KPKNL di tinjauan dari hukum Islam sudah sesuai dengan proses jual beli dalam Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Kholid Zulfa, MSI.,
Uncontrolled Keywords: pembiayaan macet, jual beli lelang, hak tanggungan
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 04 Jan 2019 14:41
Last Modified: 04 Jan 2019 14:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32216

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum