ANALISIS PROGRAM ZAKAT PRODUKTIF SEBAGAI PENGENTASAN KEMISKINAN PADA LEMBAGA PENGELOLA ZAKAT DI KOTA YOGYAKARTA

FAQIH BAHTIA SUKRI, NIM. 14380001 (2018) ANALISIS PROGRAM ZAKAT PRODUKTIF SEBAGAI PENGENTASAN KEMISKINAN PADA LEMBAGA PENGELOLA ZAKAT DI KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PROGRAM ZAKAT PRODUKTIF SEBAGAI PENGENTASAN KEMISKINAN PADA LEMBAGA PENGELOLA ZAKAT DI KOTA YOGYAKARTA)
14380001_BAB-I_ V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PROGRAM ZAKAT PRODUKTIF SEBAGAI PENGENTASAN KEMISKINAN PADA LEMBAGA PENGELOLA ZAKAT DI KOTA YOGYAKARTA)
14380001_BAB-II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kemiskinan menjadi permasalahan yang belum terselesaikan. Terbukti dengan penetapan pemerintah kota Yogyakarta dalam program kartu menuju sehatera (KMS), bahwa sebanyak 17.253 kepala keluarga (KK) atau 55.094 jiwa masuk kategori miskin yang perlu dibantu. Jumlah tersebut menurun di banding tahun sebelumnya sebanyak 18.651 KK atau 60.215 jiwa. Segala cara dilakukan baik dari pemerintah maupun masyarakat. Islam hadir dengan sistem zakat yang wajib dikeluarkan oleh umat Islam, diharapkan dapat sebagai intrumen dalam mengetaskan kemiskinan yang ada. Dengan pengelolaan zakat yang baik, benar dan tepat guna, maka akan tercapainya cita-cita dari adanya zakat yaitu mensejahterakan masyarakat. Lembaga pengelola zakat yang ada saat ini diharapkan dapat melaksanakan dengan baik dan bijaksana dengan program zakat seperti zakat produktif yang efektif dalam pengentasan kemiskinan. Subjek dari penelitian ini adalah lembaga pengelola zakat BAZNAS kota Yogyakarta, Rumah Zakat DIY dan para mustahik sebagai penerima manfaat. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pengaruh program zakat produktif pada kesejahteraan sosial. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program zakat produktif dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat pada lembaga pengelola zakat yaitu BAZNAS kota Yogyakarta dan Rumah Zakat DIY sangat efektif dalam meningkatkan penghasilan para mustahik secara ekonomi, kemudian efektif dalam meningkatkan rohani bagi para mustahik, karena mereka dilatih atau diajarkan peduli kepada sesame atau secara sosial oleh para lembaga untuk saling berbagi dengan berinfak, sedekah dan berzakat. Jadi bisa dikatakan bahwa kedua lembaga mampu meningkatkan kualitas mustahik baik secara materi maupun secara rohaniah dan terlepas dari jeratan kemiskinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Saifuddin, SHI., MSI.,
Uncontrolled Keywords: instrument zakat, lembaga pengelola zakat, program zakat produktif, efektifitas dalam mengentaskan kemiskinan.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 04 Jan 2019 14:53
Last Modified: 04 Jan 2019 14:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32219

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum