PENGEMBANGAN MULTIMEDIA “KERETA HIJAIYAH” DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH DI TKIT SALSABILA 2 BANGUNTAPAN YOGYAKARTA

NUR IMAM MAHDI, NIM. 1620430020 (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA “KERETA HIJAIYAH” DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH DI TKIT SALSABILA 2 BANGUNTAPAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA “KERETA HIJAIYAH” DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH DI TKIT SALSABILA 2 BANGUNTAPAN YOGYAKARTA)
BAB I,V,DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA “KERETA HIJAIYAH” DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH DI TKIT SALSABILA 2 BANGUNTAPAN YOGYAKARTA)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only until 30 May 2018.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kebutuhan pengembangan media dalam pembelajaran membaca huruf hijaiyah. 2) mengembangkan media “Kereta Hijaiyah” dalam pembelajaran membaca huruf hijaiyah. 3) mengetahui validasi ahli media dan materi dalam pengembangan multimedia “Kereta Hijaiyah”. 4) mengetahui uji coba “Kereta Hijaiyah” dalam Pembelajaran membaca huruf hijaiyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan Research and Development(R&D). Model pengembangan meliputi eksplorasi, pengembangan validasi dan uji coba. Validasi produk dengan dua ahli. Setelah dilakukan validasi ahli media dan ahli materi kemudian media “Kereta Hijaiyah” dilakukan revisi sesuai dengan masukan dari kedua ahli. Selajutnya uji coba dilakukan di TKIT Salsabila 2 Banguntapan dengan obyek penelitian adalah anak-anak TK B. Untuk uji coba dilakukan pengamatan terhadap obyek bagaimana hasil perkembangannya. Hasil penelitian adalah: 1) mengetahui masalah yang ada terkait pembelajaran membaca huruf hijiaiyah. 2) pengembangan multimedia “kereta hijaiyah” meliputi perancangan produk, pembuatan produk, metode testing untuk menguji. 3) hasil validasi menunjukan bahwa produk “Kereta Hijaiyah” layak dan memiliki kualitas sangat baik. Hasil rata-rata ahli media 4,6 dan rata- rata penilaian ahli materi 4,5. 4) uji coba ”Kereta Hijaiyah” dalam kemampuan membaca huruf hijaiyah hasil presentase kemampuan melafal mencapai 50%, mengenal 42%, menghafal 67%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Kereta Hijaiyah, Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah.
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 04 Jan 2019 08:04
Last Modified: 04 Jan 2019 08:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32220

Actions (login required)

View Item View Item