Fi al fasl 9 bi Madrasah al Azhar al mutawasitah al Islamiyyah 26 Yogyakarta (Dirasah Tahliliyyah fi Manzur 'ilm al nafs al Marahiqiy)

Dewi Purwanti, NIM. 1420066 (2018) Fi al fasl 9 bi Madrasah al Azhar al mutawasitah al Islamiyyah 26 Yogyakarta (Dirasah Tahliliyyah fi Manzur 'ilm al nafs al Marahiqiy). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Fi al fasl 9 bi Madrasah al Azhar al mutawasitah al Islamiyyah 26 Yogyakarta (Dirasah Tahliliyyah fi Manzur 'ilm al nafs al Marahiqiy))
14420066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (Fi al fasl 9 bi Madrasah al Azhar al mutawasitah al Islamiyyah 26 Yogyakarta (Dirasah Tahliliyyah fi Manzur 'ilm al nafs al Marahiqiy))
14420066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bermula dari fakta tentang hasil penilaian bahwa ditemukan banyaknya buku yang tidak memenuhi syarat dari segi isi, bahasa, dan grafika, misalnya mengandung salah konsep, data yang tidak akurat, pesan yang kurang jelas, dan bahasa yang rancu. Jika buku-buku tersebut digunakan disekolah, maka implikasinya terhadap peserta didik dan mutu pendidikan bisa menurun. Idealnya dalam penggunaan dan penentuan buku teks harus mempertimbangkan sisi psikologi perkembangan remaja. Begitu pula pada buku bahasa Arab yang digunakan sebagai acuan belajar dan juga sebagai buku pegangan siswa hendaknya disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak tersebut. Seperti tingkat intelek atau kognitif, emosional dan sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Metode pengumpulan data dilakukan metode dokumentasi pada sumber data primer dan sekunder, sedangkan teknis analisis data dilakukan dengan 1) Mengkategorikan data berdasarkan rumusan masalah, 2) Mengklasifikasikan data berdasarkan kriteria yang telah ditentukan sesuai dengan rumusan masalah, 3) menarik kesimpulan menggunakan teknik analisis data yang diperkuat dengan membandingkan data dari sumber primer dan sekunder (teknik matrik perbandingan). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Materi ajar dibuku bahasa Arab Alquran kelas 9 SMP Al Azhar 26 Yogyakarta itu sesuai dengan tinjauan ilmu psikologi remaja dilihat dari a) Kelengkapan materi b) Keluasan materi c) Kedalaman materi d) Kesesuaian materi dengan jiwa remaja 2) Bahasa Arab yang dipilih dibuku bahasa Arab Alquran Kelas 9 SMP Al Azhar 26 Yogyakarta itu sesuai menurut tinjauan ilmu psikologi remaja dilihat dari a) Kesesuaian dengan tingkat perkembangan intelektual dan sosial emosional b) Kekomunikatifan c) Keruntutan dan keterpaduan alur pikir Keywords: Buku bahasa Arab Qurani, SMP Al Azhar 26 Yogyakarta, Ilmu Psikologi Remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Hj. R. Umi Baroroh, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Buku bahasa Arab Qurani, SMP Al Azhar 26 Yogyakarta, Ilmu Psikologi Remaja.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Jan 2019 09:09
Last Modified: 04 Jan 2019 09:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32222

Actions (login required)

View Item View Item