NILAI - NILAI ISLAM NUSANTARA DALAM BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH MENENGAH ATAS

ELFI SUHARNI, NIM : 11410150 (2018) NILAI - NILAI ISLAM NUSANTARA DALAM BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (NILAI - NILAI ISLAM NUSANTARA DALAM BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH MENENGAH ATAS)
11410150_BABI_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (NILAI - NILAI ISLAM NUSANTARA DALAM BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SEKOLAH MENENGAH ATAS)
11410150_BAB-II_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan penulis terhadap istilah Islam Nusantara yang menjadi wacana publik beberapa tahun terakhir setelah dilaksanakannya muktamar Nahdlatul Ulama di Jombang, Jawa Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep dasar Islam Nusantara dan nilai-nilai apa sajakah dari Islam Nusantara tersebut yang terdapat di dalam buku ajar PAI SMA. Adapun kegunaan dari penelitian ini adalah untuk menjadi pembelajaran positif bagi seluruh organisasi mahasiswa dalam mengembangkan manajemen keanggotaannya, memberikan sumbangsih terhadap pendidikan agama Islam di Indonesia khususnya, dan terhadap masyarakat Islam di Indonesia bahkan di dunia (rahmatan lil „alamin). Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan metode analisis deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah berbagai literatur yang membahas tentang Islam Nusantara dan buku ajar PAI-SMA yang diterbitkan oleh Kemendikbud, namun dalam proses penulisannya, penulis juga mengambil beberapa pemikiran yang berkaitan dengan tema skripsi seperti tentang undang-undang dan pendidikan secara umum. Hasil penelitian menunjukan bahwa Konsep Islam Nusantara terdiri beberapa point utama yang menjadi dasar, yaitu tentang Kemajemukan (Plurality), Demokrasi (Democracy), Hak Asasi Manusia (Human Right), Kesetaraan Manusia (Equity), dan Keadilan Sosial (Social Justice). Dalam bahan ajar PAI SMA yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, keseluruhan nilai Islam Nusantara tersebut sudah tecantum di dalamnya, hanya saja pembagian materinya disesuaikan dengan tingkatan kelas siswa. Kata kunci: Islam Nusantara, Buku Ajar, PAI SMA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Rofik M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Islam Nusantara, Buku Ajar, PAI SMA
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Jan 2019 09:04
Last Modified: 07 Jan 2019 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32227

Actions (login required)

View Item View Item