KONSEP KARAKTER GURU MENYENANGKAN DALAM BUKU GENIUS TEACHING: 9 KARAKTER GURU MENYENANGKAN BERBASIS RAMAH OTAK KARYA RUDIANA DAN RELEVANSINYA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI

Jumwaniyah, NIM. 11410207 (2018) KONSEP KARAKTER GURU MENYENANGKAN DALAM BUKU GENIUS TEACHING: 9 KARAKTER GURU MENYENANGKAN BERBASIS RAMAH OTAK KARYA RUDIANA DAN RELEVANSINYA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KONSEP KARAKTER GURU MENYENANGKAN DALAM BUKU GENIUS TEACHING: 9 KARAKTER GURU MENYENANGKAN BERBASIS RAMAH OTAK KARYA RUDIANA DAN RELEVANSINYA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI)
11410207_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KONSEP KARAKTER GURU MENYENANGKAN DALAM BUKU GENIUS TEACHING: 9 KARAKTER GURU MENYENANGKAN BERBASIS RAMAH OTAK KARYA RUDIANA DAN RELEVANSINYA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI)
11410207_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

JUMWANIYAH, Karakter Guru Menyenangkan dalam Buku Genius Teaching : 9 Karakter Guru Menyenangkan Berbasis Ramah Otak Karya Rudiana dan Relevansinya terhadap Kompetensi Pedagogik Guru PAI, Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Latar belakang penelitian ini adalah guru merupakan komponen yang paling penting dalam dunia pendidikan. Banyaknya persoalan guru diantaranya masih banyak guru yang cara mengejarnya kurang baik, cara mengajarnya membosankan dikelas. Hal ini membuktikan perlu adanya peningkatan kualitas kompetensi pedagogik guru PAI. Konsep guru menyenangkan yang ditawarkan rudiana memiliki poin-poin yang dapat melengkapi kompetensi pedagogik guru PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep guru menyenangkan dalam buku Genius Teaching : 9 Karakter Guru Menyenangkan Berbasis Ramah Otak Karya Rudiana dan relevansinya dengan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menekankan pada kajian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan adalah psikologi, yang menggunakan prosedur pemecahan masalah melalui ilmu psikologi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, dan analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. Pertama, konsep karakter guru menyenangkan menurut Rudiana adalah karakter guru yang mampu menciptakan pembelajaran yang efektif kepada siswa yaitu: (1) visioner, (2) pembelajar, (3) penebar senyum, (4) ikhlas, (5) antusias, (6) humoris, (7) kreatif, (8) positif dan (9) sugestif. Kedua, konsep karakter guru menyenangkan menurut Rudiana memiliki relevansi terhadap kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam diantaranya yaitu: (1) menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual, (2) menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, (3) mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu, (4) Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik, (5) memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran, (6) memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki, (7) berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, (8) menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, (9) memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran, (10) melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Kata Kunci: Karakter Guru, Rudiana, Kompetensi Pedagogik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Tasman Hamami, M.A.
Uncontrolled Keywords: Karakter Guru, Rudiana, Kompetensi Pedagogik
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Jan 2019 02:08
Last Modified: 07 Jan 2019 02:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32228

Actions (login required)

View Item View Item