RELEVANSI TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL

AHMAD SAHAL, NIM. 12410229 (2018) RELEVANSI TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (RELEVANSI TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL)
12410229_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (RELEVANSI TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL)
12410229_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah berawal dari keresahan terhadap problematika sistem pendidikan yang muncul karena tidak mampu menempatkan suatu sistem pendidikan pada posisi seimbang. Pendidikan agama dimaksudkan untuk membangun aspek keimanan dan ketakwaan sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang. Pendidikan yang ideal sebaiknya dibina hingga kualitasnya jauh melebihi standar minimal yang ditetapkan SNP. Menjadikan manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah dan berakhlakul karimah adalha tujuan pendidikan tetapi realitanya pendidikan Agama Islam hari ini belum menghasilkan output yang diharapkan. Melihat dari permaslahan diatas maka perlu ditinjau dari persoalan mendasar tentang pendidikan, yaitu tujuan. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) kategori kualitatif, dengan sumber data primer berupa UU RI No.20 tahun 2003 dan peraturan-peraturan turunannya. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi yaitu pengamatan terhadap sumber data baik primer dan sekunder. Metode analisis data dengan metode deskriptif analisis, dimana bahan-bahan yang terkumpul diuraikan, ditafsirkan dibandingkan persamaan dan perbedaannya serta menarik kesimpulan. Adapun pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan filosofis, yaitu dengan cara berfikir menurut logika dengan bebas kedalamnya tentang rahasia dan tujuan dari segala sesuatu. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Pendidikan Agama Islam mempunyai tujuan untuk berkembangnya kemampuan peserta didik dalam memahami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai agama Islam yang menyerasikan penguasaannya dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam membentuk manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia dan mampu menjaga kedamaian dan kerukunan dalam rangka hidup berbangsa dan bernegara. 2) relevansi tujuan PAI dengan tujuan pendidikan nasional, bisa dilihat dari beberapa aspek, yaitu aspek kejelasan, aspek kompetensi dan aspek ketercapain. Aspek kejelasan dan kompetensi keduanya sama-sama relevan yang berujung pada ingin membentuk cita-cita manusia seutuhnya “insan kamil”. Akan tetapi untuk aspek ketercapaian belum tercapai sampai hari ini baik pada tataran filosfis maupun metodologis dikarenakan masih banyak problem terkait pelaksanaan PAI baik itu di sekolah, di rumah maupun di masyarakat. Kata Kunci : Relevansi, Tujuan Pendidikan Agama Islam, Tujuan Pendidikan Nasional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Suwadi, M.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Relevansi, Tujuan Pendidikan Agama Islam, Tujuan Pendidikan Nasional
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Jan 2019 09:11
Last Modified: 07 Jan 2019 09:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32229

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum