HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR SKI DENGAN MINAT MENJADI GURU MATA PELAJARAN SKI LULUSAN JURUSAN PAI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN 2017

PUJI LESTARI, NIM. 13410071 (2018) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR SKI DENGAN MINAT MENJADI GURU MATA PELAJARAN SKI LULUSAN JURUSAN PAI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN 2017. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR SKI DENGAN MINAT MENJADI GURU MATA PELAJARAN SKI LULUSAN JURUSAN PAI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN 2017)
13410071_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR SKI DENGAN MINAT MENJADI GURU MATA PELAJARAN SKI LULUSAN JURUSAN PAI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN 2017)
13410071_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya lulusan jurusan PAI yang memiliki motivasi belajar SKI yang tinggi selama menjadi mahasiswa juga memiliki minat yang tinggi untuk menjadi seorang guru yang dalam hal ini adalah guru mata pelajaran SKI. Namun kenyataannya ada lulusan yang motivasi belajarnya tinggi, tapi minat menjadi guru mata pelajaran SKI masih rendah. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang hubungan antara motivasi belajar SKI dengan minat menjadi guru mata pelajaran SKI. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan tingkat minat menjadi guru mata pelajaran SKI lulusan Jurusan PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2017. 2) Mendeskripsikan tingkat motivasi belajar SKI lulusan Jurusan PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2017 selama menjadi mahasiswa. 3) Menguji secara empiris hubungan antara motivasi belajar SKI dengan minat menjadi guru mata pelajaran SKI lulusan Jurusan PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2017. Populasi penelitian ini adalah lulusan Jurusan PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan tahun 2017 sebanyak 131 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (simple random sampling). Ukuran sampel ditentukan dengan menggunakan taraf kesalahan 5% sehingga berdasar ketentuan dari Isaac dan Michael jumlah sampelnya sebanyak 95 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunnjukkan: 1) Tingkat minat menjadi guru mata pelajaran SKI berdasarkan kategori tingkat minat diperoleh 44,2 persen, hasil tersebut menunjukkan kategori tingkat minat yang rendah. 2) Tingkat motivasi belajar SKI berdasarkan kategori tingkat motivasi belajar SKI diperoleh 38,9, hasil tersebut menunjukkan kategori tingkat motivasi yang sedang. 3) Ada hubungan yang positif antara motivasi belajar SKI dengan minat menjadi guru mata pelajaran SKI, dan hubungan keduanya termasuk dalam kategori kuat (rxy = 0,751, p = 0,000, p < 0,05). Kata Kunci : Motivasi Belajar dan Minat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M.Si
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar dan Minat
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Jan 2019 02:18
Last Modified: 07 Jan 2019 02:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32231

Actions (login required)

View Item View Item