INTERNALISASI NILAI-NILAI KEADILAN MELALUI PEMBELAJARAN MATERI ZAKAT DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH BANTUL TAHUN PELAJARAN 2016/2017

INDRA TRI WIDIYANTO, NIM. 13410104 (2018) INTERNALISASI NILAI-NILAI KEADILAN MELALUI PEMBELAJARAN MATERI ZAKAT DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH BANTUL TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (INTERNALISASI NILAI-NILAI KEADILAN MELALUI PEMBELAJARAN MATERI ZAKAT DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH BANTUL TAHUN PELAJARAN 2016/2017)
13410104_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (22MB) | Preview
[img] Text (INTERNALISASI NILAI-NILAI KEADILAN MELALUI PEMBELAJARAN MATERI ZAKAT DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH BANTUL TAHUN PELAJARAN 2016/2017)
13410104_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan melalui pembelajaran adalah wahana internalisasi nilai-nilai kehidupan manusia sebagai makhluk berakhlak, bermoral, akan tetapi kenyataannya banyak sekali fenomena yang sangat bertolak belakang dengan akhlak dan moral yang baik. Fenomena ini adalah tindakan sewenang-wenang, sehingga mengandung benih perpecahan, ketegangan dan pertentangan. Untuk menghapus atau mencegahnya maka keadilan harus kita bangun. Dengan fenomena tersebut, maka perlu diadakan penelitian bagaimana cara membangun keadilan sosial di sekolah. Dalam hal ini peneliti meneliti nilai keadilan yang terkandung melalui pembelajaran materi zakat. Rumusan masalah materi apa yang terkandung di dalam pembelajaran zakat di kelas X SMA Muhammadiyah Bantul, apa relevansi pembelajaran zakat dengan tegaknya keadilan, bagaimana proses internalisasi nilai-nilai keadilan melalui pembelajaran zakat di kelas X SMA Muhammadiyah Bantul. Peneliti ini merupakan peneliti kualitatif, dengan mengambil latar belakang SMA Muhammadiyah Bantul. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X-A samapai dengan X-F SMA Muhammadiyah Bantul, masing-masing sebanyak 2 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Materi yang terkandung dalam pembelajaran zakat di kelas X yaitu (a) Memahami ketentuan zakat yang dikembangkan menjadi 5 indikator seperti menjelaskan pengertian zakat, menjelaskan hukum menunaikan zakat, menjelaskan tentang orang-orang yang wajib zakat, menjelaskan tentang orang yang berhak menerima zakat, dan menjelaskan ketentuan tentang harta yang wajib dizakati. (b) Memahami pengelolaan zakat yang dikembangkan menjadi 5 indikator seperti menjelaskan tata cara penghitungan zakat, mendeskripsikan keutamaan-keutamaan zakat, menjelaskan pengertian pengelolaan zakat, mendeskripsikan tata cara pengelolaan zakat, mengidentifikasi macam-macam lembaga pengelola zakat. 2) Relevansi pembelajaran zakat dengan tegaknya keadilan dilihat dari proses pembelajaran di kelas telah menunjukan sikap untuk selalu menunaikan amanah dan berlaku adil terhadap sesama. Jadi dapat disimpulkan bahwa tegaknya keadilan sudah relevan dengan pembelajaran zakat. 3) Proses Internalisasi nilai-nilai keadilan melalui pembelajaran materi zakat di kelas X SMA Muhammadiyah Bantul dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai-nilai keadilan yang terdapat di SMA Muhammadiyah Bantul secara tidak langsung sudah cukup menunjukan sikap dalam menegakkaan keadilan dengan cara membimbing dan membina moral siswa. Kata Kunci : Internalisasi Nilai-Nilai Keadilan, Materi Zakat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Munawwar Khalil, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Internalisasi Nilai-Nilai Keadilan, Materi Zakat
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Jan 2019 02:24
Last Modified: 07 Jan 2019 02:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32232

Actions (login required)

View Item View Item