ANALISIS KELAYAKAN ISI DAN BAHASA BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII TERBITAN KEMDIKBUD

Krisnanto Muhammad Aziz, NIM. 13410124 (2018) ANALISIS KELAYAKAN ISI DAN BAHASA BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII TERBITAN KEMDIKBUD. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KELAYAKAN ISI DAN BAHASA BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII TERBITAN KEMDIKBUD)
13410124_BAB-I_IV-DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KELAYAKAN ISI DAN BAHASA BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII TERBITAN KEMDIKBUD)
13410124_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah fakta yang terjadi dalam dunia pendidikan, masih banyak ditemukan kasus tentang uraian materi dalam buku Pendidikan. Salah satu solusi untuk masalah tersebut adalah dengan memperbaiki penyajian buku pelajaran terutama pada aspek isi dan bahasa. Kebijakan baru kurikulum 2013 menjadikan Kemendikbud menyediakan buku pelajaran untuk siswa sebagai bahan ajar di sekolah. Maka bagaimana kesesuaian isi materi dengan indikator-indikator kelayakan isi dan bahasa. Penelitian ini adalah sebuah upaya untuk mengetahui kelayakan buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII yang di bandingkan dengan indikator-indikator kelayakan buku teks berdasarkan BSNP dan yang terdapat pada bukunya Masnur Muslich. Buku teks yang dijadikan penelitian adalah buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terbitan kemendikbud. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan isi dan bahasa dari buku tersebut yang dianalisis berdasarkan kesesuaian materi dengan indikator-indikator kelayakan isi dan kelayakan bahasa. Penelitian ini merupakan penelitian Library research yaitu data-data yang mendukung penelitian berasal dari sumber pustaka. Data dihimpun dari dua macam sumber, yaitu sumber data primer dan data sekunder. Peneltitian ini bersifat deskriptif-kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan isi materi buku teks PAI berdasarkan indikator-indikator kelayakan isi dan bahasa.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, Buku Teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP kelas VII sudah sesuai dan layak digunakan dari segi kelayakan isi. Indikator kesesuaian materi dengan KI/KD dan keakuratan materi yang ada pada buku sebagian besar telah menyajikan keseluruhan konten, namun untuk materi pendukung pembelajaran masih ada beberapa aspek yang kurang mencantumkan terutama pada aspek perkembangan teknologi. Kedua, dari segi kelayakan bahasa Buku Teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP kelas VII sangat layak digunakan untuk siswa SMP dengan indikator-indikator kelayakan bahasa yang tersaji dengan sangat sesuai. Akan tetapi masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait ketetapan kaidah bahasa seperti kekurangan dan kelebihan, penggunaan istilah-istilah asing yang jarang didengar siswa, baik itu istilah ilmiah maupun istilah dalam agama Islam. Kata Kunci: Kelayakan Isi, Kelayakan Bahasa, Buku Ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Rofik, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Kelayakan Isi, Kelayakan Bahasa, Buku Ajar.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Jan 2019 02:58
Last Modified: 07 Jan 2019 02:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32233

Actions (login required)

View Item View Item