NILAI-NILAI OPTIMISME DALAM FILM LEAN ON ME DAN RELEVANSINYA DENGAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH

Mei Lestari, NIM. 13410167 (2018) NILAI-NILAI OPTIMISME DALAM FILM LEAN ON ME DAN RELEVANSINYA DENGAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI OPTIMISME DALAM FILM LEAN ON ME DAN RELEVANSINYA DENGAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH)
13410167_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI OPTIMISME DALAM FILM LEAN ON ME DAN RELEVANSINYA DENGAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH)
13410167_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu, menurunnya prestasi belajar peserta didik diakibatkan karena menurunnya minat belajar. Menurunnya minat belajar terbentuk karena faktor malas pada diri peserta didik yang dapat menyebabkan turunnya prestasi peserta didik. Dalam hal ini pendidik berkesempatan untuk bertindak dengan cara menumbuhkan rasa semangat dalam diri peserta didik, menumbuhkan adanya sikap optimis pada peserta didik dapat melalui media film. Film dapat dijadikan sebagai media pembelajaran khususnya film yang memiliki nilai pendidikan. Dalam situasi ini film yang mengandung nilai optimisme dapat membantu pendidik dalam menumbuhkan sikap optimistik peserta didik. Optimisme juga dapat diajarkan pada peserta didik dengan nuansa islami yaitu dengan mata pelajaran akidah akhlak, akidah akhlak merupakan sarana dalam mempelajari akhlak manusia berdasarkan syariat Islam. akidah akhlak tidak hanya memberikan materi tentang optimisme saja namun melatih peserta didik untuk menerapkannya dalam keseharian. Penumbuhan sikap optimisme ini bertujuan agar peserta didik menyadari tujuan ditanamkannya sikap optimisme dalam diri peserta didik yaitu untuk memperkuat rasa percaya diri, menumbuhkan sikap positif bahwa peserta didik akan berhasil mencapai tujuannya dan prestasi pun akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai optimisme dalam film Lean on Me dan untuk menganalisis relevansi nilai optimisme dalam film Lean on Me dengan mata pelajaran akidah akhlak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pustaka (Library Research), Substansi pembahasan dalam penelitian ini adalah tentang nilai-nilai optimisme dalam film Lean on Me dan direlevansikan dengan mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah. Dengan menggunakan pendekatan semiotika. Sumber datanya yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis isi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Nilai-nilai optimisme yang terdapat dalam film Lean on Me dalam teori Snyder diantaranya adalah memiliki pengharapan yang tinggi, tidak mudah putus asa, mampu memotivasi diri, memiliki kepercayaan diri yang tinggi, tidak bersikap pasrah dan memandang suatu kegagalan sebagai hal yang dapat dirubah, bukan dengan menyalahkan diri sendiri. Dan nilai optimisme dalam teori Al-ghazli yaitu berprasangka baik dan dinamis. 2) Relevansi nilai-nilai optimisme dalam film Lean on Me dengan mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah dilihat dari aspek tujuan, materi, metode dalam Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah mempunyai keterkaitan dengan nilai-nilai optimisme dalam film Lean on Me. Kata Kunci: Optimisme, Lean on Me, Akidah Akhlak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Mujahid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Optimisme, Lean on Me, Akidah Akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Jan 2019 03:02
Last Modified: 07 Jan 2019 03:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32234

Actions (login required)

View Item View Item