PERILAKU ASERTIF DAN PENERAPANNYA OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 GODEAN SLEMAN

Husna Nuur Huda, NIM: 14410011 (2018) PERILAKU ASERTIF DAN PENERAPANNYA OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 GODEAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERILAKU ASERTIF DAN PENERAPANNYA OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 GODEAN SLEMAN)
14410011_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERILAKU ASERTIF DAN PENERAPANNYA OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 GODEAN SLEMAN)
14410011_BAB-II_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa masih ada ditemui guru yang memiliki perilaku yang kasar kepada siswanya di sekolah, sehingga peneliti tertarik untuk meneliti perilaku asertif seorang guru, yang sebenarnya guru itu adalah contoh bagi murid-muridnya dimana perilakunya pasti jadi sorotan bagi semua muridnya dan patut untuk dicontoh, seharusnya guru memilki perilaku yang baik dan layak untuk di contoh bagi murid-muridnya. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan perilaku asertif oleh guru PAI di SMPN 1 Godean. 2) Untuk mengetahui hasil penerapan perilaku asertif oleh guru PAI dalam Meningkatkan prestasi belajar siswa di SMPN 1 Godean Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif deskriptif dengan mengambil latar di SMP Negeri 1 Godean Sleman. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data melalui triangulasi dengan dua modus yaitu dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) Perilaku guru PAI mampu mengungkapkan persaan dengan baik, kadang-kadang mengungkapkan pemikiran dan keyakinan secara terbuka, dan mampu mempertahankan hak-hak pribadi. Diantara komponen-komponen perilaku asertif berikut beberapa telah dimilik guru PAI tetapi tidak semua komponen dimiliki secara sempurna oleh guru PAI. Tidak hanya komponen, ciri perilaku asertif pun juga menjadi rujukan dari penerapan perilaku asertif diantaranya adalah Merasa bebas untuk mengemukakan emosi yang di rasakan melalui kata dan tindakan. Dapat berkomunikasi dengan orang lain, baik dengan orang tidak dikenal, sahabat dan keluarga. Mempunyai pandangan yang aktif tentang hidup. dan bertindak dengan cara yang dihormatinya sendiri. Dari 3 komponen dan 4 ciri perilaku asertif tersebut guru menerapkan 2 komponen dan 3 ciri perilaku asertif. 2) Hasil dari penerapan perilaku asertif guru PAI, siswa dalam belajar PAI lebih senang, lebih semangat tentunya ini berpengaruh pada prestasi belajar siswa, terbukti dengan nilai ulangan akhir siswa juga tinggi yang memilki nilai rata-rata diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kata Kunci : Perilaku Asertif, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Nur Hamidi, M.A
Uncontrolled Keywords: Perilaku Asertif, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Jan 2019 03:07
Last Modified: 07 Jan 2019 03:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32235

Actions (login required)

View Item View Item