UPAYA GURU AGAMA DALAM MENANAMKAN SIKAP KERUKUNAN SISWA MUSLIM DENGAN NON MUSLIM SEBAGAI WUJUD AKHLAK TERPUJI DI SMA NEGERI 1 KALASAN SLEMAN

DEDEK SYAHRANI PARDEDE, NIM. 14410025 (2018) UPAYA GURU AGAMA DALAM MENANAMKAN SIKAP KERUKUNAN SISWA MUSLIM DENGAN NON MUSLIM SEBAGAI WUJUD AKHLAK TERPUJI DI SMA NEGERI 1 KALASAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU AGAMA DALAM MENANAMKAN SIKAP KERUKUNAN SISWA MUSLIM DENGAN NON MUSLIM SEBAGAI WUJUD AKHLAK TERPUJI DI SMA NEGERI 1 KALASAN SLEMAN)
14410025_BAB-I_IV-ATAU -V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU AGAMA DALAM MENANAMKAN SIKAP KERUKUNAN SISWA MUSLIM DENGAN NON MUSLIM SEBAGAI WUJUD AKHLAK TERPUJI DI SMA NEGERI 1 KALASAN SLEMAN)
14410025_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini dimulai dari apresiasi peneliti terhadap kerukunan di SMA Negeri 1 Kalasan yang memiliki keberagaman namun dapat menjalani segala aktifitas dan kegiatan dengan sangat rukun dan harmonis, terkhusus guru agama yang berupaya menciptakan kerukunan serta keharmonisan kepada siswa-siswi melalui kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial sehingga siswa-siswi dapat hidup berdampingan dalam perbedaan agama. Karena siswa merupakan makhluk sosial yang tidak lepas dari orang lain dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, Sikap kerukunan menjadi faktor utama bagi setiap siswa untuk mendapatkan kenyamanan, ketentraman dan kedamaian serta keharmonisan dalam hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru agama dalam menanamkan kerukunan siswa muslim dengan non muslim, hasil yang telah dicapai guru agama dalam menanamkan sikap kerukunan serta faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, pemeriksaan data ini menggunakan teknik triangulasi. Dari hasil penelitian menunjukkan upaya guru agama dalam menanamkan sikap kerukunan kepada siswa muslim dan non muslim dilakukan melalui keteladanan guru agama, menumbuhkan sikap kerjasama, bersikap adil, menumbuhkan sikap peduli sosial, mengadakan kegiatan keagamaan, penyampaian motivasi. Adapun hasil yang telah dicapai guru agama dalam menanamkan sikap kerukunan yaitu adanya sikap saling menahan diri, sikap saling menghormati, sikap saling mempercayai, saling memahami ajaran agama, saling membantu dalam kegiatan sosial. Namun hasil tersebut dapat tercapai karena adanya faktor pendukung guru agama dalam menanamkan sikap kerukunan yaitu adanya dukungan dari guru agama dan kepala sekolah, tempat ibadah yang cukup dan luas, waktu istirahat yang cukup, siswa berakhlak baik dan santun, kegiatan rutin keagamaan, lingkungan sekolah. Namun ada pula faktor penghambat guru dalam menanamkan sikap kerukunan, yaitu waktu yang kurang efisien dalam melaksanakan kegiatan diluar jam pelajaran. Kata Kunci : Sikap, Kerukunan, Akhlak Terpuji

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Munawwar Khalil, SS, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Sikap, Kerukunan, Akhlak Terpuji
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Jan 2019 03:11
Last Modified: 07 Jan 2019 03:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32236

Actions (login required)

View Item View Item