IMPLEMENTASI LAYANAN HOMEVISIT OLEH GURU BIMBINGAN KONSELING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENDORONG KEGIATAN KEAGAMAAN SISWA BERMASALAH KELAS XI DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

MUH. MAFRURI, NIM. 14410026 (2018) IMPLEMENTASI LAYANAN HOMEVISIT OLEH GURU BIMBINGAN KONSELING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENDORONG KEGIATAN KEAGAMAAN SISWA BERMASALAH KELAS XI DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI LAYANAN HOMEVISIT OLEH GURU BIMBINGAN KONSELING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENDORONG KEGIATAN KEAGAMAAN SISWA BERMASALAH KELAS XI DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA)
14410026_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI LAYANAN HOMEVISIT OLEH GURU BIMBINGAN KONSELING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENDORONG KEGIATAN KEAGAMAAN SISWA BERMASALAH KELAS XI DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA)
14410026_BAB-II_Sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang terjadi oleh siswa seperti sering terlambat, Alpa, membolos, merokok, mencuri uang. Permasalahan ini tidak hanya disebabkan oleh faktor internal namun juga faktor eksternal, seperti keluarga sibuk bekerja, kurangnya pengawasan dan perhatian orangtua, malas berangkat ke sekolah, tidak menyukai pelajaran, serta kurangnya pemahaman pengetahuan agama. Mengingat permasalahan siswa yang harus di atasi dengan menjalin kerjasama dengan orangtua siswa, karena kerjasama, komunikasi dan hubungan yang baik dengan orangtua sangatlah penting untuk membantu mengatasi permasalahan siswa, selain itu mengingat ajaran agama memiliki peranan yang sangat penting dalam membentuk kepribadian siswa, oleh karena itu salah satu cara untuk menjalin kerjasama dan komunikasi dengan orangtua siswa yaitu dengan layanan homevisit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, keberhasilan dan hambatan dalam layanan homevisit di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Sumber data dalam penelitian ini adalah 3 Guru BK, 6 siswa bermasalah, 6 orangtua siswa bermasalah, 1 Kepala Sekolah, 1 wali kelas sekaligus Guru PAI dan 1 wali kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan psikologi , metode pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang dilakukan dengan menggunakan Triangulasi sumber dan teknik yakni menguji keabsahan data dengan cara mengkroscek data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah 1) Tahapan pelaksanaan layanan homevisit diantaranya adalah (a) Persiapan, dengan mengidentifikasi masalah siswa, (b) Pelaksanaan, dengan menjalin kerjasama dan komunikasi dengan orangtua siswa, menyampaikan permasalahan siswa, dan membantu menyelesaikan permasalahan siswa, (c) Evaluasi, (d) Laporan, (e) Memantau perkembangan siswa atau tindak lanjut. 2) Keberhasilan yang dicapai melalui layanan homevisit adalah a) Berkurangnya tingkat permasalahan siswa, b) Perubahan perilaku siswa melalui layanan homevisit, c) Memotivasi orangtua untuk mendorong kegiatan keagamaan siswa di rumah, d) Meningkatnya kesadaran siswa untuk melakukan kegiatan keagamaan di sekolah dan di rumah. 4) Adapun hambatan dalam pelaksanaan layanan homevisit adalah a) Masalah waktu dalam pelaksanaan layanan homevisit, b) Kurangnya kesadaran siswa terhadap peraturan sekolah, d) Orangtua siswa sibuk bekerja dan tidak di rumah, e) Kurangnya pengawasan dan perhatian dari orangtua, e) Kurangnya keterbukaan dari orangtua dan anggota keluarga lainnya. Kata Kunci : Layanan homevisit, Kegiatan Keagamaan, Siswa Bermasalah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Sarjono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Layanan homevisit, Kegiatan Keagamaan, Siswa Bermasalah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Jan 2019 03:16
Last Modified: 07 Jan 2019 03:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32237

Actions (login required)

View Item View Item