INTEGRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN NILAI-NILAI SOSIAL DI ASRAMA SMPIT AL-FURQAN AMBAL KEBUMEN

KARTIKA SUSILOWATI, NIM: 14410027 (2018) INTEGRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN NILAI-NILAI SOSIAL DI ASRAMA SMPIT AL-FURQAN AMBAL KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN NILAI-NILAI SOSIAL DI ASRAMA SMPIT AL-FURQAN AMBAL KEBUMEN)
14410027_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN NILAI-NILAI SOSIAL DI ASRAMA SMPIT AL-FURQAN AMBAL KEBUMEN)
14410027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah: kegelisahan peneliti terhadap hubungan sosial dalam asrama yang sedang mengalami degradasi moral diantaranya adalah kurangnya sikap kepedulian sosial, kecemburuan sosial dan lain sebagainya. Hal ini menandakan kurangnya nilai-nilai pendidikan agama Islam yang terintegrasi dengan nilai-nilai sosial. Namun nilai-nilai pendidikan agama Islam ini memiliki porsi lebih banyak dimiliki oleh peserta didik dalam sekolah berlabel keislaman sekaligus berasrama dibandingkan dengan sekolah pada umumnya. Dengan sekolah yang notabenenya adalah sekolah yang berbasis keIslaman diharapkan siswa dalam bersosial dalam masyarakat khususnya dalam lingkungan asrama terintegrasi dengan nilai-nilai pendidikan agama Islam. Oleh karena itu perlu adanya penelitian mengenai integrasi nilai-nilai pendidikan Agama Islam dengan Nilai-Nilai Sosial karena selain siswi di dalam asrama berinteraksi secara penuh, siswi di asrama ini juga memperoleh nilai-nilai pendidikan agama Islam yang independent/ tidak terikat, sehingga siswi dituntut untuk saling menghargai dan hidup berdampingan dengan segala perbedaan yang ada. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi yaitu membandingkan hasil pengamatan dengan hasil wawancara dan membandingkan perspektif seseorang dengan berbagai pendapat dan pandangan orang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Siswi beraktifitas di asrama pada pagi, sore dan malam hari dengan aktifitas yang baik yaitu solat berjamaah, Tahfidz Al-Qur’an, mandi, membersihkan loker, melipat baju, bertanggung jawab melaksanakan piket, sarapan, berangkat sekolah, kajian Taisirul Kholaq, bercanda, mengerjakan tugas bersama, rutinan Al- Ma’tsurot, rutinan muroja’ah, makan malam, solat Isya berjamaah, rapat, rutinitas binadzor, Arabic Club dan English Club 2) Integrasi Nilai-nilai pendidikan agama Islam dengan nilai sosial di asrama terbentuk dalam 6 macam nilai sosial yaitu tolong menolong, kekeluargaan, tanggung jawab, keadilan, toleransi dan tolong menolong. Masing-masing dari nilai sosial tersebut terintegrasi dalam ranah materi dan dalam model kajian informatif, konfirmatif dan korektif. Kata Kunci: Integrasi, Nilai-nilai PAI, Nilai-nilai Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Mujahid. M.Ag
Uncontrolled Keywords: Integrasi, Nilai-nilai PAI, Nilai-nilai Sosial
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Jan 2019 03:47
Last Modified: 07 Jan 2019 03:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32238

Actions (login required)

View Item View Item