KEJENUHAN BELAJAR DAN CARA MENGATASINYA Studi Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Tarikh di SMP Muhammadiyah 3 Depok

ERWIN HARDIYANTO NIM. 05410201, (2009) KEJENUHAN BELAJAR DAN CARA MENGATASINYA Studi Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Tarikh di SMP Muhammadiyah 3 Depok. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KEJENUHAN BELAJAR DAN CARA MENGATASINYA Studi Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Tarikh di SMP Muhammadiyah 3 Depok)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KEJENUHAN BELAJAR DAN CARA MENGATASINYA Studi Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Tarikh di SMP Muhammadiyah 3 Depok)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa di SMP Muhammadiyah 3 Depok diadakan pembelajaran tarikh yang bertujuan untuk memberikan kemampuan dan pengetahuan kepada siswa agar bisa memahami dan mengambil nilai positif dari setiap materi yang diajarkan dengan penuh semangat dan rasa senang. Namun, sebagian besar siswa dalam mengikuti pelajaran sering sekali mengalami kejenuhan atau kebosanan di kelas. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah mengapa sebagian besar siswa sering merasa jenuh dalam mengikuti pembelajaran tarikh, bagaimana metode pembelajaran tarikh di kelas, dan faktor apa saja yang menghambat pelaksanaan pembelajaran tarikh di kelas. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sebab-sebab sebagian besar siswa sering merasa jenuh dan bagaimana cara mengatasinya, dan faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan pembelajaran tarikh di SMP Muhammadiyah 3 Depok. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk menyempurnakan pembelajaran tarikh di SMP Muhammadiyah 3 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah 3 Depok. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologi belajar, yaitu pendekatan yang meliputi aspek-aspek kejiwaan yang ada dalam diri siswa baik dari segi fisik maupun psikisnya, yang berhubungan dengan perilakunya di dalam belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan bersifat deskriptik analitik, yaitu menjabarkan dan menganalisis segala fenomena yang terjadi dari hasil penelitian yang diperoleh. Untuk menganalisis data kualitatif digunakan pola induktif, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedang pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Sebab-sebab siswa di SMP Muhammadiyah 3 Depok sering merasa jenuh atau bosan dalam mengikuti pembelajaran tarikh adalah Pertama penggunaan metode pembelajaran yang masih kurang. Kedua kesulitan siswa dalam memahami dan menghafalkan materi pelajaran tarikh. Ketiga kurangnya peran orang tua dan intensitas siswa dalam belajar tarikh di rumah. Keempat kelelahan yang sering melanda karena terlalu padatnya kegiatan yang ada di SMP Muhammadiyah 3 Depok 2) Metode yang digunakan dalam pembelajaran tarikh di antaranya adalah metode dengan media pembelajaran, menyanyi dengan teks, metode diskusi, metode demonstrasi, dan metode resitasi. 3) Faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan pembelajaran tarikh adalah Pertama waktu pembelajaran yang masih kurang. Kedua guru pembelajaran tarikh yang kurang dalam memanfaatkan media yang ada di sekolah guna mendukung pelaksanaan pembelajaran. Ketiga kesulitan siswa dalam memahami dan menghafalkan materi. Keempat kurangnya tanggung jawab siswa dalam melaksanakan tugas belajarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Sarjono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kejenuhan Belajar, Cara Mengatasinya, Pembelajaran Tarikh
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2012 09:55
Last Modified: 11 Sep 2012 09:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3224

Actions (login required)

View Item View Item