MANAJEMEN PUBLIC RELATION DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PENDIDIKAN DI RA AR RAIHAN BANTUL YOGYAKARTA

KHAERANI SAPUTRI IMRAN KHAERANI SAPUTRI IMRAN, NIM. 1620430021 (2018) MANAJEMEN PUBLIC RELATION DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PENDIDIKAN DI RA AR RAIHAN BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PUBLIC RELATION DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PENDIDIKAN DI RA AR RAIHAN BANTUL YOGYAKARTA)
1620430021_BAB-I_V atau-V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PUBLIC RELATION DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PENDIDIKAN DI RA AR RAIHAN BANTUL YOGYAKARTA)
1620430021_BAB-II_sampai_SEBELUM_BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

Khaerani Saputri Imran. 2018. Manajemen Public Relation Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Terhadap Pendidikan di RA Ar Raihan Bantul Yogyakarta. Tesis. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Program Magister, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pendidikan merupakan suatu sistem yang terdiri atas komponen- komponen yang saling terkait secara fungsional bagi tercapainya pendidikan yang berkualitas. Salah satu komponen yang menentukan kualitas pendidikan adalah peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan manajemen public relation atau hubungan masyarakat sebagai upaya menciptakan suasana yang kondusif dan harmonis baik dalam lingkup internal maupu eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen public relation dalam meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap pendidikan di RA Ar Raihan Bantul Yogyakarta, bagaimana strategi manajemen public relation dalam meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap pendidikan di RA Ar Raihan Bantul Yogyakarta dan apa implikasi manajemen public relation dalam meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap pendidikan di RA Ar Raihan Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode deskriptif kualitatif guna mengetahui manajemen public relation dalam meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap pendidikan di RA Ar Raihan Bantul Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap implemetasi manajemen public relation dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di RA Ar Raihan Bantul Yogyakarta adalah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapaun strategi yang digunakan adalah: Menjalin hubungan baik dengan publik internal, b). Menjalin hubungan baik dengan orang tua/wali murid. c), Menawarkan program yang berkualitas. d), Melalui program untuk meningkatkan kepercayaan wali murid. e), Menjalin kerjasama yang baik dengan masyarakat luas. Beberapa implikasi manajemen public relation di RA Ar Raihan Bantul antara lain sebagai berikut: a). Meningkatnya jumlah peserta didik. b). Terciptanya hubungan yang harmonis dengan masyarakat internal. c). Meningkatkan kepercayaan dan partisipasi publik eksternal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: 5. Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M.Si selaku
Uncontrolled Keywords: Publik relation Ara
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Jan 2019 04:45
Last Modified: 07 Jan 2019 04:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32244

Actions (login required)

View Item View Item