PENANAMAN KARAKTER HUSNUL ADAB MELALUI PEMBELAJARAN TA’LIM MUTA’ALLIM DI KELAS VIII MTs MA’ARIF 3 GRABAG MAGELANG

ABNU HANIFAH, NIM. 14410046 (2018) PENANAMAN KARAKTER HUSNUL ADAB MELALUI PEMBELAJARAN TA’LIM MUTA’ALLIM DI KELAS VIII MTs MA’ARIF 3 GRABAG MAGELANG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN KARAKTER HUSNUL ADAB MELALUI PEMBELAJARAN TA’LIM MUTA’ALLIM DI KELAS VIII MTs MA’ARIF 3 GRABAG MAGELANG)
14410046_BAB-1_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA 1.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN KARAKTER HUSNUL ADAB MELALUI PEMBELAJARAN TA’LIM MUTA’ALLIM DI KELAS VIII MTs MA’ARIF 3 GRABAG MAGELANG)
14410046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah proses perkembangan zaman yang begitu cepat kurang diseimbangkan dengan penanaman karakter pada diri setiap individu, hal ini menyebabkan banyak masalah bermunculan yang menunjukkan degradasi moral sedangkan di dalam lingkup sekolah sendiri belum ada ilmu khusus yang mengajarkan peserta didik tentang ilmu dalam hal husnul adab. MTs Ma’arif 3 Grabag Magelang berusaha untuk menanamkan nilai-nilai karakter dalam diri peserta didik salah satunya dengan mengadakan mata pelajaran Ta’lim Muta’alim. Tujuan diadakannya penelitian ini ialah mengetahui dan memahami bagaimana penanaman karakter husnul adab yang dilakukan melalui pembelajaran Ta’lim Muta’alim.. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dengan mengambil latar belakang di MTs Ma’arif 3 Grabag Magelang, dengan subyek guru Ta’lim Muta’allim, kepala sekolah, dan peserta didik kelas VIII. Sedangkan, obyek penelitian ini ialah penanaman karakter husnul adab melalui pembelajaran Ta’lim Muta’allim yang dilakukan dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi dengan metode pendekatan psikologi. Hasil penelitian ini ialah ; 1.) Pembelajaran Ta’lim Muta’alim di MTs Ma’arif 3 Grabag Magelang dilakukan sekali dalam seminggu dengan jam pelajaran 40 menit. Tujuan dari pembelajaran Ta’lim Muta’alim di MTs Ma’arif 3 Grabag Magelang adalah agar peserta didik bisa mempunyai adab yang baik, bisa memposisikan diri sebagai seorang penuntut ilmu terhadap seorang guru, dan terhadap teman-temannya sehingga ia bisa memperlakukan mereka dengan baik, menghormati guru, sopan santun terhadap gurunya dan kepada temannya tidak berlaku semena-mena. 2.) Penanaman karakter husnul adab melalui pembelajaran Ta’lim Muta’allim di kelas VIII dilakukan melalui 3 cara yaitu; Ketauladanan, Pembiasaan dan pemahaman ilmu itu sendiri. Dan adapun karakter yang ditanamkan dalam pembelajaran Ta’lim Muta’allim yaitu: Sabar, Tabah, Menghargai siapapun yang berbicara, Rendah hati dan tidak angkuh, Duduk dengan sikap yang baik, tidak bercanda, berbaik hati kepada sesama penuntut ilmu, mengakui ketidaktauannya dalam suatu masalah, muhasabah diri, mencegah penuntut ilmu agar tidak menuntut ilmu demi selain Allah. 3). Faktor pendorong dalam penanaman karakter husnul adab melalui pembelajaran Ta’lim Muta’allim yaitu; Antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran Ta’lim Muta’allim, lingkungan, kemampuan guru, kebijakan madrasah. Sedangkan Faktor penghambatnya adalah latar belakang peserta didik dan daya tangkap peserta didik yang berbeda-beda. Kata kunci : Penanaman Karakter, Husnul Adab, Pembelajaran Ta’lim Muta’alim, Peserta Didik kelas VIII

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Penanaman Karakter, Husnul Adab, Pembelajaran Ta’lim Muta’alim, Peserta Didik kelas VIII
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Jan 2019 07:00
Last Modified: 07 Jan 2019 07:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32246

Actions (login required)

View Item View Item