KONSEP MIND MAP MENURUT TONY BUZAN (Telaah terhadap Metode dan Media Pembelajaran serta Relevansinya Dengan Pendidikan Islam)

EVA NUR FAUZIYAH NIM. 03410069, (2009) KONSEP MIND MAP MENURUT TONY BUZAN (Telaah terhadap Metode dan Media Pembelajaran serta Relevansinya Dengan Pendidikan Islam). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRACT Latar belakang penelitian ini adalah adanya ketertarikan terhadap mind map temuan Tony Buzan yang merupakan alat berfikir dan teknik pencatatan yang efektif yang sesuai dengan sistem kerja otak dilihat dari metode dan media dalam pembelajaran PAI dalam usaha mengoptimalkan penggunaan potensi-potensi yang dimiliki peserta didik. Selain itu, adanya permasalahan dalam pemilihan penggunaan metode dan media yang biasa dipakai dalam penyampaian materi PAI sehingga ditawarkanlah mind map sebagai metode dan media yang bisa mengatasi masalah tersebut. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana konsep mind map menurut Tony Buzan, Bagaimana relevansi mind map dengan metode dan media dalam PAI dan Bagaimana alternatif penerapan mind map dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis konsep mind map menurut Tony Buzan, bagaimana relevansinya dengan metode dan media pembelajaran PAI dan bagaimana alternatif penerapan metode mind map dalam pembelajaran PAI. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai informasi dan penyempurna penerapan mind map dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif kepustakaan (library research) dengan pendekatan filosofis pedagogis, pengumpulan data melalui studi pustaka (data primer dan data sekunder), analisis data menggunakan metode deskriptif analitik, yaitu dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Mind Map merupakan sebuah cara berfikir dengan menggunakan keseluruhan bagian otak kanan dan juga otak kiri yang melihat segala sesuatu dari berbagai sudut pandang, sehingga memunculkan kreativitas baru. 2. Relevansi mind map dengan metode pembelajaran PAI terletak pada mind map sebagai bagian dari metode inkonvensional dikatakan demikian karena mind map merupakan formula yang baru dan masih belum lazim digunakan dalam pembelajaran PAI. Sedangkan relevansi mind map dengan media pembelajaran terletak pada penggolongan media pembelajaran PAI. Media merupakan perantara yang bisa menyampaikan pesan (materi PAI) dari pendidik kepada peserta didik. Dilihat dari jenisnya dalam pembelajaran PAI mind map termasuk dalam media pembelajaran grafis yang bersifat tiga dimensi. Jika mind map dituangkan dalam bentuk visual, maka akan menjadi sebuah media pembelajaran grafis karena mind map memiliki ukuran panjang dan lebar sebagai salah satu syarat media grafis. Selain itu, mind map juga merupakan media by design dikarenakan sebelum dipakai pendidik harus merancangnya terlebih dahulu. 3. Mind Map sebagai alternatif metode dan media yang bisa diterapkan dalam pembelajaran PAI. Cara penerapannya dengan mengkombinasikan mind map dengan metode yang bersifat konvensional maupun yang bersifat inkonvensional dan juga dengan media pembelajaran PAI by design.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Suwadi, M.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Komsep Mind Map, Tony Buzan, Media Pembelajaran, Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3225

Actions (login required)

View Item View Item