PENGARUH PEMBANGUNAN HARTONO MAL YOGYAKARTA TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL KEAGAMAAN MASYARAKAT SEKITAR CONDONGCATUR (Studi Kasus Masyarakat Dusun Kaliwaru, Desa Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta)

Mush’ab Dimyati, NIM. 11540020 (2018) PENGARUH PEMBANGUNAN HARTONO MAL YOGYAKARTA TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL KEAGAMAAN MASYARAKAT SEKITAR CONDONGCATUR (Studi Kasus Masyarakat Dusun Kaliwaru, Desa Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBANGUNAN HARTONO MAL YOGYAKARTA TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL KEAGAMAAN MASYARAKAT SEKITAR CONDONGCATUR (Studi Kasus Masyarakat Dusun Kaliwaru, Desa Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta))
11540020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBANGUNAN HARTONO MAL YOGYAKARTA TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL KEAGAMAAN MASYARAKAT SEKITAR CONDONGCATUR (Studi Kasus Masyarakat Dusun Kaliwaru, Desa Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta))
11540020_BAB-II_Sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pengaruh Pembangunan Hartono Mal sebagai salah satu proses modernitas yang baru berkembang merupakan sebuah fenomena sosial yang menarik perhatian penulis untuk melakukan pengkajian lebih mendalam terhadap perubahan sosial di masyarakat Dusun Kaliwaru. Perubahan sosial dalam masyarakat Dusun Kaliwaru sudah terjadi sebelum masuknya Hartono Mal sebagai arus modernisasi dan proses rasionalisme. sebagian masyarakat mengalami perubahan dan pudarnya pola keyakinan tradisional asli masyarakatnya. Masyarakat Dusun Kaliwaru secara umum memiliki pola komunikasi dan budaya lokal yang sangat terjaga. Berdirinya Hartono Mal sebagai gambaran modernisasi baru yang cukup besar merubah sebagian pola masyarakatnya. Perubahan sosial keagamaan menjadi akibat dari adanya pembangunan Hartono Mal, keyakinan dan pola komunikasi masyarakatnya yang berubah menjadi akibat dari adanya pembangunan Hartono Mal. Terlebih sekarang sudah banyak model modernitas lain juga memiliki pengaruh yang besar. Metode penelitian kualititatif menjadi pijakan dasar dalam penelitian ini dengan mendeskripsikan fenomena perubahan sosial di masyarakat Dusun Kaliwaru berdasarkan pada sumber data yang diperoleh dari Kepala Desa, warga Dusun Kaliwaru dan Tokoh Agama. Data primer diperoleh dari wawancara mendalam, dan data sekunder diperleh dari berbagai literatur atau dokumentasi. Selanjutya, data tersebut dianalisa melalui tahapan reduksi, pemaparan dan verifikasi data, untuk selanjutnya dipaparkan hasilnya. Perubahan sosial dalam masyarakat Dusun Kaliwaru dapat di lihat sebagai sebuah perubahan dalam pola hubungan yang kurang adaptif antara tradisi dan Posmodernisasi yang masuk dan terjadi di masyarakat Dusun Kaliwaru. Proses yang kurang adaptif tersebut sebagian tidak semerta-merta menjadikan masyarakatnya menjadi sinkretik, melainkan modernisasi dalam perubahan sosial masyarakat di jadikan instrument penting bagi perkembangan ruang dan waktu. namun di sisi lain Hubungan dari agen perubahan inilah kemudian muncul berbagai proses perubahan sosial keagamaan yang mulai di kesampingkan oleh masyarakat. Berdirinya Hartono Mal sebagai contoh modernisasi saat ini memberikan perubahan sosial keagamaan masyarakat Dusun Kaliwaru sebetulnya tidaklah mengubah kondisi masyarakatnya secara total. Masyarakat Dusun Kaliwaru saat ini bersikap lebih selektif terhadap proyek modernisasi yang masuk kepadanya, bahkan modernisasi di jadikan sebagai instrument pendukung dalam meningkatkan eksistensi masayarakatnya yang semula tradisionalis. Namun demikian, sistem keyakinan budaya lokal mulai hilang dan pola komunikasi menjadi berubah. Kata Kunci: Perubahan Sosial, Masyarakat Dusun Kaliwaru, Modernitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Masroer, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Perubahan Sosial, Masyarakat Dusun Kaliwaru, Modernitas
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Jan 2019 14:16
Last Modified: 07 Jan 2019 14:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32250

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum