PENGEMBANGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR MODEL FLIPCHART UNTUK MENANAMKAN NILAI- NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI DI TKIT SALSABILA BANGUNTAPAN

NIHWAN, NIM. 1620430026 (2018) PENGEMBANGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR MODEL FLIPCHART UNTUK MENANAMKAN NILAI- NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI DI TKIT SALSABILA BANGUNTAPAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR MODEL FLIPCHART UNTUK MENANAMKAN NILAI- NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI DI TKIT SALSABILA BANGUNTAPAN)
1620430026_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR MODEL FLIPCHART UNTUK MENANAMKAN NILAI- NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI DI TKIT SALSABILA BANGUNTAPAN)
1620430026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi kebutuhan pengembangan media untuk pembelajaran menanamkan nilai agama dan moral di TKIT Salsabila Banguntapan 2) mengembangkan media cerita bergambar dengan model flipchart untuk menanamkan nilai-nilai agama dan moral bagi anak usia dini. 3) mengetahui hasil validasi ahli media dan materi dalam pengmbangan media cerita bergambar model flipchart 4) mengetahui ujicoba media cerita bergambar model flipchart untuk menanamkan nilai agama dan moral bagi anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan Research and Development(R&D). Prosedur pengembangan meliputi perencanaan, desain dan pengembangan. Ujicoba produk melalui uji validasi ahli, uji beta tes kelompok kecil dan beta tes kelompok besar. Uji validasi ahli dengan ahli media dan materi, setelah dilakukan ujicoba ahli media dan ahli materi kemudian cerita bergambar model flipchart dilakukan revisi. Selajutnya ujicoba beta test dilakukan di TKIT Salsabila Banguntapan dengan obyek penelitian adalah anak-anak TK B. Hasil penelitian adalah: 1) identifikasi kebutuhan pengembangan media untuk pembelajaran nilai agama dan moral di TKIT Salsabila Banguntapan 2) pengembangan media cerita bergambar model flipchart melalui tahapan perencanaan,desain dan pengembangan, cerita bergambar yang dikembangkan sebagai mdia pembelajaran untuk menenamkan nilai agama dan moral anak usia dini. 3) hasil uji validasi menunjukan bahwa produk cerita bergambar model flipchart layak dan memiliki kualitas sangat baik. hasil rata-rata penilaian ahli media mencapai 4,40 dan rata-rata penilaian ahli materi mencapai 4,30 sehingga produk memiliki kualitas pada skala sangat baik karena X 4,2. 4) hasil ujicoba beta tes guru pendamping mencapai skor 4,3 evaluasi dengan anak-anak melalui pendampingan mencapai rerata 4,5. hasil ujicoba tahap evaluasi akhir guru pendamping mencapai skor 4,44 evaluasi dengan anak-anak melalui pendampingan mencapai rerata 4,49 berada pada kriteria sangat baik karena X 4,2.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Cerita Bergambar, Metode Pembelajaran, Nilai Agama dan Moral, Anak Usia
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Jan 2019 07:36
Last Modified: 07 Jan 2019 07:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32254

Actions (login required)

View Item View Item