KONSUMERISME DALAM BERBUSANA DI KALANGAN MAHASISWI SOSIOLOGI AGAMA ANGKATAN 2013-2015 FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

PramitaYuda, NIM 13540015 (2018) KONSUMERISME DALAM BERBUSANA DI KALANGAN MAHASISWI SOSIOLOGI AGAMA ANGKATAN 2013-2015 FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KONSUMERISME DALAM BERBUSANA DI KALANGAN MAHASISWI SOSIOLOGI AGAMA ANGKATAN 2013-2015 FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
13540015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONSUMERISME DALAM BERBUSANA DI KALANGAN MAHASISWI SOSIOLOGI AGAMA ANGKATAN 2013-2015 FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
13540015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Manusia dan kebutuhan sandang memang tidak bisa dipisahkan.Sekarang ini perkembangan busana banyak diminati masyarakat tidak terkecuali mahasiswi.Ditengah perubahan sosial dan modernisasi busana saat ini tidak hanya berfungsi sebagai penutup aurat saja, namun sudah beralih fungsi menjadi sebuah busana trend fashion yang banyak menarik minat mahasiswi. Gaya hidup masyarakat konsumerisme juga dihubungkan dengan status kelas sosial ekonomi menengah keatas, namun hal ini menjadi menarik ketika mahasiswi yang mempunyai latar belakang ekonomi menengah kebawah melakukan pembelian busana secara berkelanjutan. Penelitian ini memfokuskan pada bentuk tindakan sosial mahasiswi dalam pembelian busana dan tindakan pasca pembelian secara kepuasan dan ketidakpuasaan yang dapat mempengaruhi tindakan mahasiswi dari segi kehidupan keagamaan dan kehidupan sosial. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif. Sumber data primer berupa hasil wawancara dan sumber data sekunder berupa buku, jurnal dan internet yang berhubungan dengan penelitian ini. Metode pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik analisis data menggunakan metode deskriptif dan eksplanasi. Teori yang digunakan adalah teori tindakan sosial Max Weber untuk menjelaskan alasan mereka mengapa melakukan pembelian busana. Kemudian menjelaskan tindakan pasca pembelian dengan menggunakan teori konsumtif Philip Kotler dan Kevin Lane Keller yaitu tindakan pasca pembelian berdasarkan kepuasan dan ketidakpuasan yang mempengaruhi tindakan mahasiswi dalam kehidupan sosial maupun kehidupan keagamaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tindakan sosial yang dilakukan mahasiswi Sosiologi Agama angkatan 2013-2015 dapat dibagi kedalam empat tipe tindakan. Pertama, tindakan instrumental dapat dilihat dari tindakan mahasiswi yang membeli busana berdasarkan pertimbangan yaitu membeli busana ketika busana yang lama sudah tidak layak pakai dan membeli ketika ada acara tertentu yang harus menyesuaikan kostumnya. Kedua, tindakan yang berorientasi pada nilai yaitu mahasiswi membeli busana tertutup dan tidak ketat agar terlihat cantik. Ketiga, tindakan afektif yang dilakukan mahasiswi didasarkan pada perasaan atau emosi sesaat yaitu membeli busana hanya karena hobby, bosan dan keinginan untuk mengikuti selebgram (selebritis instagram).Keempat, tindakan tradisional dapat dilihat dari mahasiswi yang membeli busana karena adanya dukungan dari orang tua dan teman. Tindakan pasca pembelian, pertama, kepuasan yang dirasakan mahasiswi dari segi keagamaan bahwa mahasiswi menjadi sering mengikuti kegiatan diskusi keagamaan di kampus dan sering mengikuti pengajian baik dikampus maupun diluar kampus. Dari segi sosial bahwa mahasiswi merasa lebih percaya diri ketika bertemu orang lain dan relasi sosial yang terjalin dengan orang menjadi lebih baik. Kedua, Ketidakpuasan yang dirasakan mahasiswi dengan membeli busana dari segi keagamaan menunjukkan bahwa mahasiswi merasa riya’ atau pamer dan belum berbusana sesuai syariat agama yang diyakininya. Dari segi sosial bahwa mahasiswi merasa iri ketika temannya sudah mempunyai busana yang tren, pemborosan dan mudah terbawa arus mode

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Inayah Rohmaniyah, S.Ag,. M. Hum,. M.A
Uncontrolled Keywords: Konsumerisme, busana
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Jan 2019 08:43
Last Modified: 08 Jan 2019 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32261

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum