PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII MTS N 8 SLEMAN PADA MATERI CAHAYA SKRIPSI UNTUK MEMENUHI PERSYARATAN MENCAPAI DERAJAT SARJANA S-1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA

ROSITA INDAH OKTAVIANI, NIP. 11690020 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII MTS N 8 SLEMAN PADA MATERI CAHAYA SKRIPSI UNTUK MEMENUHI PERSYARATAN MENCAPAI DERAJAT SARJANA S-1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII MTS N 8 SLEMAN PADA MATERI CAHAYA SKRIPSI UNTUK MEMENUHI PERSYARATAN MENCAPAI DERAJAT SARJANA S-1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA)
11690020_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII MTS N 8 SLEMAN PADA MATERI CAHAYA SKRIPSI UNTUK MEMENUHI PERSYARATAN MENCAPAI DERAJAT SARJANA S-1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA)
11690020_BAB-II_sampai_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh mo pembelajaran Guided Discovery terhadap peningkatan kemampuan berpikir kri siswa. (2) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang mengik pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery pa materi Cahaya. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan nonequivalent cont group design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa mo pembelajaran Guided Discovery serta variabel terikat berupa kemampuan berpi kritis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N 8 Slem Tahun Ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dengan teknik random sampli terpilih kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontr Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa instrumen soal prete posttest dan non tes berupa wawancara. Teknik analisis data yang digunak statistik parametrik yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh mo pembelajaran Guided Discovery dalam meningkatkan kemampuan berpikir kri siswa pada materi cahaya ditunjukkan dengan hasil uji-t (nilai sig.(2-tailed)= 0,0 α dimana nilai α = 0,05; maka Ha diterima). 2) Terdapat peningkatan kemampu berpikir kritis siswa dengan nilai effect size sebesar 1,07 berada pada kriteria ting Dengan hasil analisis besarnya kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen mas pada kategori tinggi dan untuk kelas kontrol masuk kategori rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Joko Purwanto, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Model Guided Discovery, kemampuan berpikir kritis, cahaya.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Jan 2019 09:14
Last Modified: 08 Jan 2019 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32265

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum