ETOS KERJA MASYARAKAT PENGRAJIN GERABAH DI DUKUH PAGERJURANG, DESA MELIKAN, KECAMATAN WEDI, KABUPATEN KLATEN (Ditinjau dari Keberagamaan dan Motivasi Kerja)

MUHAMMAD FERDINAN AL-HAQ, NIM: 13540068 (2018) ETOS KERJA MASYARAKAT PENGRAJIN GERABAH DI DUKUH PAGERJURANG, DESA MELIKAN, KECAMATAN WEDI, KABUPATEN KLATEN (Ditinjau dari Keberagamaan dan Motivasi Kerja). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ETOS KERJA MASYARAKAT PENGRAJIN GERABAH DI DUKUH PAGERJURANG, DESA MELIKAN, KECAMATAN WEDI, KABUPATEN KLATEN (Ditinjau dari Keberagamaan dan Motivasi Kerja))
13540068_BAB-I_sampai-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ETOS KERJA MASYARAKAT PENGRAJIN GERABAH DI DUKUH PAGERJURANG, DESA MELIKAN, KECAMATAN WEDI, KABUPATEN KLATEN (Ditinjau dari Keberagamaan dan Motivasi Kerja))
13540068_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Di tengah arus perubahan ekonomi saat ini kualitas sumber daya manusia benar-benar diuji untuk mempunyai etos kerja yang tinggi. Oleh karena itu diperlukan pemahaman keagamaan, sehingga mampu menghadapi secara dewasa dan cerdas atas perubahan-perubahan zaman yang semakin cepat dan modern seperti sekarang ini. Semakin majunya perkembangan zaman, manusia dituntut untuk bekerja dengan pekerjaan tetap. Dengan latar belakang yang sedikit rendah masyarakat di Pagerjurang melestarikan dan mengembangkan jenis-jenis gerabah. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keagamaan dan motivasi kerja masyarakat pengrajin gerabah di Dukuh Pagerjurang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap dan nilai-nilai keagamaan dan motivasi kerja masyarakat pengrajin gerabah untuk mengembangkan jenis-jenis kerajinan gerabah. Peneliti menggunakan teori Max Webber tentang etos kerja dan keberagamaan, selain itu juga menggunakan teori Maslow tentang Motivasi kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman keagamaan berkaitan dengan nilai-nilai keberagamaan pengrajin gerabah. Nilai keberagamaan pengrajin gerabah menghasilkan jujur, bekerja keras, menghargai waktu, hidup sederhana dan hemat. Pengaruh etos kerja pengrajin gerabah berupa teliti dan tekun, kreatif/ inovasi. Pemahaman keagamaan membawa pengaruh berfikir masyarakat pengrajin gerabah yaitu membawa perubahan berfikir pengrajin gerabah menjadi mampu berfikir mengembangkan jenis kerajianan gerabah. Pengaruh motivasi kerja pengrajin gerabah menghasilkan berupa kebutuhan penghargaan, dan aktualisasi diri. Kata Kunci: Etos Kerja, Keberagamaan, Motivasi Kerja, Pengrajin Gerabah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nurus sa’adah, S.PSI., M.SI., PSI.
Uncontrolled Keywords: Etos Kerja, Keberagamaan, Motivasi Kerja, Pengrajin Gerabah
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Jan 2019 08:55
Last Modified: 08 Jan 2019 08:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32267

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum