PENGEMBANGAN FOUR TIER-TEST SEBAGAI INSTRUMEN IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA KINEMATIKA GERAK LURUS

AFIFAH THOHIRAH, NIP. 13690046 (2018) PENGEMBANGAN FOUR TIER-TEST SEBAGAI INSTRUMEN IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA KINEMATIKA GERAK LURUS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PENGEMBANGAN FOUR TIER-TEST SEBAGAI INSTRUMEN IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA KINEMATIKA GERAK LURUS)
13690046_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (16MB)
[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN FOUR TIER-TEST SEBAGAI INSTRUMEN IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA KINEMATIKA GERAK LURUS)
13690046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Memperoleh instrumen four tier-test untuk identifikasi miskonsepsi siswa pada materi kinematika gerak lurus yang berkualitas 2) mengetahui level pemahaman apa saja dapat ditemukan pada siswa dalam kinematika gerak lurus dengan menggunakan instrumen four tier-test. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu (1) define (2) design (3) develop (4) disseminate yang dibatasi sampai pada tahap develop. Instrumen penelitian berupa lembar validasi instrumen tes untuk ahli materi, lembar angket respon keterbacaan siswa dengan menggunakan skala guttman, dan lembar instrumen tes yang digunakan untuk identifikasi miskonsepsi siswa. Validator memberikan saran dan masukan untuk setiap butir soal, lalu memberikan keterangan terkait validasi isi dan validasi tata bahasanya. Subjek penelitian untuk uji terbatas pada penelitian ini adalah MA Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta kelas XII IPA B dan XII IPA C Tahun ajaran 2017/2018. Siswa memberikan respon terhadap produk yang diujicobakan serta memberikan komentar dan saran pada lembar angket respon. Hasil analisis data didapatkan, skor rata-rata respon keterbacaan siswa adalah 0,76 (Baik). Subjek penelitian untuk uji luas pada penelitian ini adalah siswa SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta kelas X IPA 1 dan X IPA 2; dan MA Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta kelas X IPA A dan X IPA B Tahun ajaran 2017/2018. Hasil penelitian yang telah dikembangkan berupa instrumen four tier test identifikasi miskonsepsi siswa pada kinematika gerak lurus. instrumen tes terdiri dari 20 butir soal dengan kriteria valid yang dilengkapi dengan petunjuk penggunaan soal, alokasi waktu, pedoman analsis jawaban dan lembar jawaban. level pemahaman yang dapat identifikasi dengan menggunakan Instrumen four tier test identifikasi miskonsepsi siswa pada kinematika gerak lurus ini pada SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta adalah (1) paham konsep (5,8%); (2) paham sebagian (35,7%); (3) tidak paham konsep (27,4%); (4) miskonspsi (28,8%); (5) tidak dapat dikodekan (2,4%), dan pada MA Muallimaat Muhammadiyah Yogyakarta adalah (1) paham konsep (7,9%); (2) paham sebagian (36,3%); (3) tidak paham konsep (24,2%); (4) miskonspsi (31,6%); (5) tidak dapat dikodekan (0,1%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Nur Untoro, M.Si selaku
Uncontrolled Keywords: Instrumen tes, four tier test, miskonsepsi, gerak lurus.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Jan 2019 02:32
Last Modified: 08 Jan 2019 02:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32274

Actions (login required)

View Item View Item