PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RESPONSIVE WEBSITE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK SMA/MA KELAS XII SEMESTER 2

IMAM ADITYA RAMADHAN, NIM. 12670016 (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RESPONSIVE WEBSITE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK SMA/MA KELAS XII SEMESTER 2. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RESPONSIVE WEBSITE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK SMA/MA KELAS XII SEMESTER 2)
11120090-BAB I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RESPONSIVE WEBSITE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK SMA/MA KELAS XII SEMESTER 2)
11140025-BAB_II_III_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Tujuan dari Penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran responsive website kimia yang menarik dengan dilengkapi video pembelajaran dan soal berbatas waktu sebagai alternatif sumber belajar mandiri untuk siswa SMA/MA kelas XII semester dua,mengkaji kelayakan media pembelajaran responsive website yang telah dikembangkan berdasarkan penilan dosen ahli dan guru kimia serta mengetahui hasil respon siswa SMA/MA kelas XII MIPA di Yogyakarta terhadap media yang dikembangkan. Penelitian dilakukan dengan metode 4-D (four D) yang dibatasi sampai tahap development. Produk yang dikembangkan ditinjau oleh dosen pembimbing, kemudian diberikan koreksi dan masukan oleh dosen ahli materi, dosen ahli media, dan peer review, untuk kemudian dinilaikan kepada dosen ahli dan tiga orang guru kimia SMA/MA di Yogyakarta. Produk juga direspon oleh siswakelas XII MIPA. Penilaian produk meliputi 6 aspek yaitu aspek penyajian materi, kebenaran konsep, kebahasaan, penilaian belajar, kualitas tampilan dan fungsional. Terdapat juga angket respon untuk siswa guna mengetahui keberfungsian produk sebagai media dan sumber belajar mandiri siswa. Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian dianalisis untuk menentukan kualitas produk. Karakteristik produk website kimia yang dikembangkan memuat ringkasan materi kimia kelas XII semester dua, video pembelajaran, latihan soal berbatas waktu serta glosarium yang memanfaatkan desain web responsif (responsive web design). Kualitas responsive website kimia berdasarkan penilaian ahli materi meliputi aspek penyajian materi, kebenaran konsep, kebahasaan dan penilaian belajar masing-masing mendapatkan persentase keidealan 80% dengan kategori Baik (B). Kualitas responsive website kimia berdasarkan penilaian ahli media meliputi aspek kualitas tampilan dan fungsional masing- masing mendapatkan persentase keidealan sebesar 96,6% dengan kategori Sangat Baik (SB).).Kualitas responsive website kimia berdasarkan penilaianReviewers adalah pada aspek penyajian materi memperoleh persentase keidealan 84% dengan kategori Sangat baik, aspek kebenaran konsep memperoleh persentase keidealan 83,3% dengan kategori Baik, aspek kebahasaan memperoleh persentase keidealan 86,67% dengan kategori Sangat Baik,aspek penilaian belajar memperoleh persentase 86,67% dengan kategori Sangat Baik, aspek kualitas tampilan memperoleh persentase keidealan sebesar 91,1% dengan kategori Sangat Baik dan aspek fungsional memperoleh persentase keidealan sebesar 90% dengan kategori Sangat Baik. Sehingga kualitas Responsive Website dapat dikatakan Sangat Baik (SB). Hasil respon siswa kelas XII jurusan MIPA terhadap responsive website yang dikembangkan memberikan persentase keidealan 94,5% yang dapat disimpulkan bahwa Responsive Website Kimia layak digunakan sebagai media dan sumber belajar mandiri siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Khamidinal, S.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Website, Responsive Web Design, Sumber Belajar Mandiri
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Jan 2019 10:03
Last Modified: 08 Jan 2019 10:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32276

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum