PENGEMBANGAN BUKU GURU BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEUSHIP (CEP) PADA MATERI GUGUS FUNGSI UNTUK SMA/MA KELAS XII

EMA NISA ASYARI, NIM. 14670001 (2018) PENGEMBANGAN BUKU GURU BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEUSHIP (CEP) PADA MATERI GUGUS FUNGSI UNTUK SMA/MA KELAS XII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU GURU BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEUSHIP (CEP) PADA MATERI GUGUS FUNGSI UNTUK SMA/MA KELAS XII)
14670001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU GURU BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEUSHIP (CEP) PADA MATERI GUGUS FUNGSI UNTUK SMA/MA KELAS XII)
14670001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) proses pengembangan buku guru berorientasi Chemo-Entrepreneurship (CEP) pada materi gugus fungsi untuk SMA/MA kelas XII (2) kualitas produk pengembangan buku guru berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan reviewer (guru kimia) dan (3) respon guru kimia kelas XII terhadap produk pengembangan buku guru. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dibatasi sampai tahap Develop. Produk buku guru dikonsultasikan kepada dosen pembimbing dan diberikan saran oleh tiga peer review. Kualitas produk dinilai oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, lima reviewer (guru kimia), dan direspon oleh guru kimia SMA/MA kelas XII. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yakni angket penilaian kualitas menggunakan skala Likert dan angket respon terhadap produk menggunakan skala Guttman. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dikembangkan buku guru berorientasi Chemo-Entrepreneurship (CEP) pada materi gugus fungsi sebagai buku nonteks pelajaran yang dapat digunakan sebagai referensi guru dalam proses pembelajaran. Buku guru ini dikembangkan dengan prosedur model 4-D yang dibatasi sampai tahap Develop. Hasil persentase penilaian kualitas produk dari ahli materi sebesar 92,72% dengan kategori Sangat Baik (SB), ahli media 91% dengan kategori Sangat Baik (SB), reviewer (guru kimia) 86,2% dengan kategori Sangat Baik (SB). Hasil respon terhadap produk oleh guru kimia kelas XII diperoleh skor rata-rata 9,5 dengan persentase keidealan 95%. Berdasarkan hasil penilaian guru kimia menunjukkan kualitas buku guru berorientasi Chemo- Entrepreneurship (CEP) telah mencapai standar minimal dari kategori Baik (B), sehingga dapat dilakukan penelitian lebih lanjut dari produk buku guru yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Agus Kamaludin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Buku Guru, Chemo-Entrepreneurship (CEP), Gugus Fungsi
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Jan 2019 03:11
Last Modified: 08 Jan 2019 03:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32278

Actions (login required)

View Item View Item