PENGARUH STRATEGI REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR

NUR INDAH SARI, NIM. 14670032 (2018) PENGARUH STRATEGI REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH STRATEGI REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR)
14670032_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (34MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH STRATEGI REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR)
14670032_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Hasil evaluasi PISA 2015 menunjukan performa siswa-siswi di Indonesia dalam bidang sains masih tergolong rendah dibandingkan dengan negara-negara lain. Hal tersebut menyebabkan perlu adanya pengkajian terhadap proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) mengkaji pengaruh strategi pembelajaran REACT dan gaya kognitif terhadap keterampilan proses sains, (2) mengkaji pengaruh strategi pembelajaran REACT dan gaya kognitif terhadap hasil belajar, dan (3) mengkaji adanya interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya kognitif terhadap keterampilan proses sains maupun hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Kasihan Bantul pada kelas XI MIPA Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018 pada materi larutan penyangga. Sampling dilakukan dengan teknik simple random. Penelitian ini menggunakan rancangan analisis faktorial 2×2. Teknik pengumpulan data untuk mengkaji pengaruh strategi pembelajaran REACT dan gaya kognitif terhadap keterampilan proses sains berupa pre-test dan post- test, lembar observasi, dan self assessment, dengan analisis data menggunakan uji Two Way ANOVA. Sedangkan teknik pengumpulan data untuk mengkaji pengaruh strategi pembelajaran REACT dan gaya kognitif terhadap hasil belajar menggunakan tes hasil belajar kognitif berupa pre-test dan post-test, dengan analisis data menggunakan uji Two Way ANOVA. Dan untuk mengkaji interaksi strategi pembelajaran dengan gaya kognitif terhadap keterampilan proses sains maupun hasil belajar menggunakan analisis data uji Two Way ANOVA. Hasil penelitian menunjukan: (1) Strategi pembelajaran REACT dan gaya kognitif tidak berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains, (2) Strategi pembelajaran REACT dan gaya kognitif tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, dan (3) Tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya kognitif terhadap keterampilan proses sains maupun hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Shidiq Premono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Strategi REACT, gaya kognitif, keterampilan proses sains, dan hasil belajar kognitif.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Jan 2019 10:49
Last Modified: 19 Jun 2019 13:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32281

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum