UPAYA MENCEGAH PLAGIARISME PADA KARYA ILMIAH MAHASISWA DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA

Triadi Nugraha, NIM. 15130007 (2018) UPAYA MENCEGAH PLAGIARISME PADA KARYA ILMIAH MAHASISWA DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA. Laporan D3 thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENCEGAH PLAGIARISME PADA KARYA ILMIAH MAHASISWA DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA)
15130007_BAB I_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENCEGAH PLAGIARISME PADA KARYA ILMIAH MAHASISWA DI PERPUSTAKAAN FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA)
15130007_BAB-II_sampai_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Laporan Tugas Akhir ini Berjudul “Upaya Mencegah Plagiarisme Pada Karya Ilmiah Mahasiswa” tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan Perpustakaan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (FH UII) untuk mencegah plagiarisme pada karya ilmiah mahasiswa, kendala apa yang di alami Perpustakaan FH UII, serta bagaimana solusi yang dilakukan Perpustakaan FH UII untuk mengatasinya. Laporan Tugas Akhir ini dibuat menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan dalam penelitian ini yaitu Bapak Joko Santoso, Kepala Urusan Layanan Teknis Perpustakaan FH UII. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis, menunjukan bahwa upaya yang dilakukan Perpustakaan FH UII dalam mencegah plagiarisme pada karya ilmiah mahasiswa adalah dengan bekerja sama dengan fakultas mewajibkan mahasiswa membuat dan melampirkan surat keterangan bebas plagiasi pada tugas akhirnya dan menggunakan software anti plagiarisme yaitu turnitin. kendala yang di alami Perpustakaan FH UII yaitu kekurangan SDM, kendala teknis jaringan dan kebijakan. Solusi yang dilakukan Perpustakaan FH UII yaitu dengan menerima mahasiswa PKL atau magang, berkoordinasi dengan divisi SIM, dan memberikan pelatihan penggunaan turnitin kepada seuruh petugas perpustakaan. Kata Kunci : Plagiarisme, Perpustakaan FH UII, Turnitin

Item Type: Thesis (Laporan D3)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Syifaun Nafisah, ST., MT
Uncontrolled Keywords: Plagiarisme, Perpustakaan FH UII, Turnitin
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (D3)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Jun 2019 13:25
Last Modified: 19 Jun 2019 13:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32290

Actions (login required)

View Item View Item