IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI PERPUSTAKAAN “HAMKA” SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA

Dena Silviawati, NIM. 15130009 (2018) IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI PERPUSTAKAAN “HAMKA” SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA. Laporan D3 thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Other (IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI PERPUSTAKAAN “HAMKA” SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA)
15130009_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Other (IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI PERPUSTAKAAN “HAMKA” SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA)
15130009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.PDF - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Gerakan Literasi Sekolah (GLS) adalah sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Program Gerakan Literasi Sekolah dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti yang mana salah satu kegiatan dalam gerakan tersebut adalah meluangkan waktu selama 15 menit membaca buku nonpelajaran. Tahap pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah terdiri dari pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran. Program kegiatan literasi informasi adalah produk dari Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Perpustakaan “HAMKA” SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta, yang terdiri dari Pendidikan Pemakai Perpustakaan (orientasi perpustakaan dan bimbingan pemakai), Show and Tell, Reading Day, Pembelajaran Berbasis Perpustakaan dan Internet Sehat. Sebagai upaya untuk mendukung kegiatan literasi perpustakaan memberikan penghargaan diantaranya adalah Pemustaka Teraktif dan Sahabat Buku. Perpustakaan juga menyediakan sarana dan prasarana diantaranya pojok baca, gazebo literasi dan rumah literasi budaya agraris. Kata Kunci: Gerakan Literasi Sekolah, Perpustakaan, literasi informasi

Item Type: Thesis (Laporan D3)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Nurdin Laugu, S.Ag., SS., MA.
Uncontrolled Keywords: Gerakan Literasi Sekolah, Perpustakaan, literasi informasi
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (D3)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Jun 2019 06:25
Last Modified: 19 Jun 2019 06:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32291

Actions (login required)

View Item View Item