PEMANFAATAN TEKNOLOGI TURNITIN SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN TERJADINYA TINDAKAN PLAGIARISME DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Azka Sullamul Fauzi, NIM. 15130011 (2018) PEMANFAATAN TEKNOLOGI TURNITIN SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN TERJADINYA TINDAKAN PLAGIARISME DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Laporan D3 thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN TEKNOLOGI TURNITIN SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN TERJADINYA TINDAKAN PLAGIARISME DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
15130011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN TEKNOLOGI TURNITIN SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN TERJADINYA TINDAKAN PLAGIARISME DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
15130011_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Penulisan Laporan Tugas Akhir ini bertujuan untuk memaparkan pemanfaatan Aplikasi Turnitin sebagai software deteksi plagarisme untuk mencegah terjadinya tindakan plagiarisme di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini karena di Indonesia khususnya di perguruan tinggi masih banyak terjadinya tindakan plagiarisme yang dilakukan oleh mahasiswa, dosen maupun tenaga kependidikan, guna memperoleh gelar akademik. Tindakan plagiarisme ini terjadi karena masih kurangnya kesadaran dari pelaku sendiri atau pun masyarakat akademik lainnya dalam menulis karya tulis ilmiah. Meskipun pemerintah juga telah menetapkan sanksi yang dapat dijatuhkan terhadap pelaku plagiarisme, ternyata masih belum mampu mengatasi masalah yang terjadi. Hal ini juga disebabkan karena sebagian dari masyarakat akademis di perguruan tinggi masih belum memahami etika dalam kepenulisan. Dengan perkembangan teknologi saat ini, plagiarisme dapat dicegah dengan software deteksi plagiarisme, salah satunya dengan Turnitin. Aplikasi Turnitin ini memiliki manfaat yang sangat efektif sebagai media pengawasan guna mencegah terjadinya plagiarisme di perguruan tinggi. Kata kunci: plagiarisme, aplikasi deteksi plagiarisme, Turnitin.

Item Type: Thesis (Laporan D3)
Additional Information / Pembimbing: Marwiyah, S.Ag., S.S., M.LIS
Uncontrolled Keywords: plagiarisme, aplikasi deteksi plagiarisme, Turnitin.
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (D3)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Jun 2019 06:26
Last Modified: 19 Jun 2019 06:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32294

Actions (login required)

View Item View Item