KERJASAMA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIIID PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MTsN NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA

IRAWATI NIM. 05470056-04, (2009) KERJASAMA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIIID PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MTsN NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRACT Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk, upaya serta faktor pendukung dan penghambat kerjasama yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dengan guru SKI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIIID pada mata pelajaran SKI di MTsN Ngemplak Sleman Yogyakarta. Sehingga prestasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI dapat dikategorikan meningkat setiap tahunnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang dikumpulkan. Sehingga dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Pemeriksaan data dilakukan dengan mengadakan tri anggulasi data, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, bentuk-bentuk kerjasama guru bimbingan dan konseling dengan guru SKI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIIID pada mata pelajaran SKI di MTsN Ngemplak Sleman meliputi; bagaimana menemukan format belajar yang efektif, saling memberikan informasi, saran dan masukan ataupun saling bertukar pikiran tentang permasalahan siswa, memanggil orangtua siswa ke madrasah, dan mengunjungi rumah-rumah siswa. Kedua, upaya kerjasama guru bimbingan dan konseling dengan guru SKI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIIID pada mata pelajaran SKI di MTsN Ngemplak Sleman meliputi; memberikan bimbingan kepada siswa, memberikan motivasi kepada siswa, alih tangan kasus, berdoa mendekatkan ibadahnya, bekerjasama dengan orangtua siswa dalam meningkatkan prestasi belajar, membentuk kelompok belajar, memberikan bimbingan belajar yang efektif. Ketiga, faktor pendukung kerjasama yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dengan guru SKI di MTsN Ngemplak adalah; mengadakan kerjasama, saling memahami tugas masing-masing, mempunyai tujuan yang sama, dan sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya adalah; terjadinya kesalah pahaman antara guru bimbingan dan konseling dengan guru SKI namun relatif kecil, dan komunikasi kurang lancar antara guru bimbingan dan konseling dengan guru SKI. Sehingga, dengan adanya kerjasama yang baik antara guru bimbingan dan konseling dengan guru SKI pada mata pelajaran SKI, maka nilai ulangan harian siswa kelas VIIID dapat dilihat mengalami peningkatan prestasi belajarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Nadlifah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kerjasama, Guru, Bimbingan dan Konseling, Sejarah Kebudayaan Islam, Prestasi Belajar, Siswa
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3230

Actions (login required)

View Item View Item