PENGELOLAAN INSTITUSIONAL REPOSITORY MENGGUNAKAN APLIKASI EPRINTS DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ‘AISYIYAH YOGYAKARTA

Fery Wahyu Ramadhan, NIM. 15130020 (2018) PENGELOLAAN INSTITUSIONAL REPOSITORY MENGGUNAKAN APLIKASI EPRINTS DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ‘AISYIYAH YOGYAKARTA. Laporan D3 thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGELOLAAN INSTITUSIONAL REPOSITORY MENGGUNAKAN APLIKASI EPRINTS DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ‘AISYIYAH YOGYAKARTA)
15130020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGELOLAAN INSTITUSIONAL REPOSITORY MENGGUNAKAN APLIKASI EPRINTS DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ‘AISYIYAH YOGYAKARTA)
15130020_BAB II_sampai_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penulisan laporan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui: 1. Aplikasi Repositori Institusi yang digunakan oleh perpustakaan universitas ‘aisyiyah. 2. Proses pengelolaan Repositori Institusi di perpustakaan universitas ‘aisyiyah dengan menggunakan Eprints. Berdasarkan pembahasan diatas bisa bahwa pengelolaan Istitusional Repository menggukan aplikasi Eprints di Perpustakaan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta sebagai berikut : 1. Sumber daya pengelolaan Institusional Repository di Perpustakaan ‘Aisyiyah Yogyakarta dibagi menjadi empat yaitu Yang pertana, sumber daya manusia yang harus dipenuhi yaitu pustakawan, tenaga pemprosesan data dan staf Teknologi Informasi. Yang keduaperangkat keras dan lunak berupa komputer server, jaringan serta untuk perangkat lunak yang digunakan menggunakan aplikasi eprints. Yang ketiga, prosedur dan dukungan pimpinan di perpustakaan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta berupa proposal yang digunakan dalam pembangunan Institusional Repository yang berisi semua kebijakan dan peraturan mengenai Institusional Repository, sebagai contoh ialah kebijakan bahwa bebas pustaka yang mengharuskan menggunggap karya ilmiah dalam bentuk naskah publikasi yang tidak fulltext sebagai syarat untuk wisuda. Kebijakan ini dikeluarkan oleh biro akademik universitas. 60 Yang keempat, jenis informasi yang ada di perpustakaan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta berupa karya tulis hasil mahasiswa yang ditujukan untuk menempuh gelar akademik seperti program diploma harus menyussun sebuah tugas akhir, program sarjana harus menyusun sebuah skripsi, program magister harus menyusun tesis dan program doktoral harus menyusun disertasi. 2. Langkah-langkah pengelolaan Institusional Repository ada beberapa tahapan yaitu : Yang pertama, studi banding harus dilakukan untuk mengetahui sejauh mana institusional Repository yang diterapkan di sebuah universitas, setelah itu dijadikan pedoman atau tolak ukur untuk membangun sebuah Institusional Repository. Yang kedua, pemilihan aplikasi pengelola Institusional Repository seperti Eprints,Dspace da lainnya. Tentu harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan kebijakan dari universitas. Perpustakaan Universitas ‘Aisyiyah sendiri memilih aplikasi pengelola Institusional Repository Eprints karena ada beberapa faktor yaitu aplikasinya bersifat gratis atau free open source software, didukung oleh banyak komunitas (Ubuntu, dalam instalasinya sangat mudah, dan aplikasi tersebut bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan kita. Yang ketiga, adapun langkah-langkah untuk penggunggahan karya ilmiah tersebut ada didalam pedoman panduan tugas akhir yang setiap tahunnya selalu dievaluasi karena harus menyesuaikan dengan kebijakan universitas.

Item Type: Thesis (Laporan D3)
Additional Information / Pembimbing: Puji Lestari, M.Kom
Uncontrolled Keywords: IR, Institutional Repository, Universitas Aisyiyah Yogyakarta
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (D3)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 Jan 2019 02:49
Last Modified: 09 Jan 2019 02:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32306

Actions (login required)

View Item View Item