PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP/ MTS KELAS VII

INDANA NURLELA, NIM. 12600033 (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP/ MTS KELAS VII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP/ MTS KELAS VII)
12600033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP/ MTS KELAS VII)
12600033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika materi segiempat dan segitiga dengan pendekatan saintifik untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa yang layak digunakan dalam pembelajaran matematika kelas VII. Kelayakan LKS didasarkan pada tiga kriteria meliputi validitas, efektivitas, dan praktibilitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development) yang menggunakan model prosedural. Prosedur pengembangan yang digunakan adalah prosedur pengembangan menurut Depdiknas yang diadaptasi dari prosedur pengembangan Borg and Gall yang meliputi lima langkah utama. Langkah tersebut yaitu: 1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, 2) mengembangkan produk awal, 3) validasi ahli dan revisi, 4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi, dan 5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP N 9 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan meliputi lembar pedoman wawancara, lembar penilaian LKS, lembar soal post-test, dan lembar angket respon siswa terhadap LKS. Hasil penelitian menunjukkan LKS matematika materi segiempat dan segitiga dengan pendekatan saintifik untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa SMP/ MTs kelas VII telah memenuhi kriteria ketercapaian yang meliputi valid, efektif, dan praktis. Valid berdasarkan penilaian ahli yang menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan termasuk kategori sangat baik dengan persentase keidealan 92,53%. Efektif berdasarkan hasil post-test, LKS matematika dikatakan efektif karena berhasil memfasilitasi pemahaman konsep siswa pada materi segiempat dan segitiga yaitu 70,58% dari banyaknya siswa yang mengikuti post-test memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Praktis berdasarkan respon siswa terhadap LKS matematika dengan pendekatan saintifik diperoleh respon yang positif dengan persentase 76,87%. Jadi, LKS matematika materi segiempat dan segitiga dengan pendekatan saintifik untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa layak digunakan dalam pembelajaran matematika kelas VII.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sintha Sih Dewanti, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS), Pendekatan Saintifik, Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Jan 2019 09:51
Last Modified: 09 Jan 2019 09:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32314

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum