EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KREATIVITAS SISWA

MIZKI ANANDA TRI, NIM. 14600047 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KREATIVITAS SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KREATIVITAS SISWA)
14600047_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KREATIVITAS SISWA)
14600047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan pertama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Kedua, untuk mengetahui apakah model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap kreativitas siswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pembelajaran model PjBL serta variabel terikat yaitu kemampuan pemahaman konsep dan kreativitas siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Panjatan tahun ajaran 2017/2018, sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas VII A dan VII C. Kelas VII A dijadikan kelas eksperimen dengan treatment berupa pembelajaran dengan model PjBL. Kelas VII C dijadikan kelas kontrol dengan treatment berupa pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pretest-posttest, RPP dan LAS. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistika parametrik inferensial yaitu uji t. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 16.0 dan Microsoft Excel 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PjBL lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kreativitas siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mulin Nu’man, M. Pd
Uncontrolled Keywords: PjBL, Pemahaman Konsep, Kreativitas
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Jan 2019 10:42
Last Modified: 09 Jan 2019 10:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32323

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum