TUGAS AKHIR SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENJADWALAN DISTRIBUSI BERBASIS SPREADSHEET ( STUDI KASUS PADA CV.BESTONE INDONESIA ) DIAJUKAN UNTUK MEMENUHI PERSYARATAN MENYELESAIKAN STUDI STRATA SATU (S-1) DAN MEMPEROLEH GELAR SARJANA TEKNIK (S.T.)

MUCHAMAD RIFQI UBADILAH, NIM. 13660014 (2018) TUGAS AKHIR SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENJADWALAN DISTRIBUSI BERBASIS SPREADSHEET ( STUDI KASUS PADA CV.BESTONE INDONESIA ) DIAJUKAN UNTUK MEMENUHI PERSYARATAN MENYELESAIKAN STUDI STRATA SATU (S-1) DAN MEMPEROLEH GELAR SARJANA TEKNIK (S.T.). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TUGAS AKHIR SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENJADWALAN DISTRIBUSI BERBASIS SPREADSHEET ( STUDI KASUS PADA CV.BESTONE INDONESIA ) DIAJUKAN UNTUK MEMENUHI PERSYARATAN MENYELESAIKAN STUDI STRATA SATU (S-1) DAN MEMPEROLEH GELAR SARJANA TEKNIK (S.T)
13660014_BAB-I-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENJADWALAN DISTRIBUSI BERBASIS SPREADSHEET ( STUDI KASUS PADA CV.BESTONE INDONESIA ) DIAJUKAN UNTUK MEMENUHI PERSYARATAN MENYELESAIKAN STUDI STRATA SATU (S-1) DAN MEMPEROLEH GELAR SARJANA TEKNIK (S.T)
13660014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

CV.Bestone Indonesia merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang produksi batu alam. Batu alam merupakan material pembangunan yang diminati karna keawetan, dan keindahannya. Hal ini membuat banyak perusahaan yang muncul untuk menggeluti bidang yang sama. Permasalahan yang dihadapi CV.Bestone dalam menghadapi persaingan adalah belum adanya Sistem Pendukung Keputusan (SPK) penjadwalan distribusi. Sehingga kadang terjadi kekurangan stock yang mengakibatkan harus mengambil dari perusahaan lain dan mengganggu kelancaran proses distribusi. Oleh karena itu dibutuhkan suatu system penjadwalan distribusi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk membuat SPK untuk penjadwalan distribusi berbasis spreadsheet. Metode penjadwalan yang dipakai adalah DRP. Sumber data berasal dari sumber internal perusahaan.teknik pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi perusahaan. Model yang digunakan adalah peramalan, EOQ, dan tabel DRP. Berdasarkan hasil penelitian perhitungan distribution requirement planning (DRP) yang diimplementasikan kedalam aplikasi spreadsheet dengan menggunakan Ms. Excel. Perbandingan biaya distribusi yang dilakukan perusahaan selama tahun 2017 dengan biaya metode DRP terlihat cukup signifikan dengan total biaya distribusi perusahaan Rp 174.974.410,00. Sedangkan dengan metode DRP sebesar Rp 153.846.706,00. Perbedaan selisih biaya distribusi perusahaan dengan metode DRP adalah sebesar Rp 21.127.704,00.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Kifayah Amar, S.T., M.Sc., Ph.D
Uncontrolled Keywords: SPK Spreadsheet, DRP (Distribution Requirement Planning), EOQ.
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 10 Jan 2019 01:47
Last Modified: 10 Jan 2019 01:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32334

Actions (login required)

View Item View Item