Al riwayah " al Nida' al Khalid " li Najib al Kaylaniy (dirasah tahliliyyah ijtimaiyyah adabiyyah li ’alan swinggewood)

Ajeng Wahyu Utami, NIM. 13110011 (2018) Al riwayah " al Nida' al Khalid " li Najib al Kaylaniy (dirasah tahliliyyah ijtimaiyyah adabiyyah li ’alan swinggewood). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Al riwayah " al Nida' al Khalid " li Najib al Kaylaniy (dirasah tahliliyyah ijtimaiyyah adabiyyah li ’alan swinggewood))
13110011_BAB-I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (Al riwayah " al Nida' al Khalid " li Najib al Kaylaniy (dirasah tahliliyyah ijtimaiyyah adabiyyah li ’alan swinggewood))
13110011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (9MB)

Abstract

Novel karya Najib Khailani ini menceritakan tentang penderitaan para pengungsi paska perjuangan rakyat Mesir untuk meraih kemerdekaan saat dijajah oleh Inggris, dimana penjajahan tersebut tidak hanya meliputi penjajahan secara kolonial akan tetapi juga penjajahan secara Imperial. Penelitian ini menggunakan analisis sastra sosiologi Alan Swingewood. yang memiliki tiga prespektif yaitu : (1) penilitian yang memandang karya sastra sebagai dokumen sosial yang (2) penelitian yang mengungkap sastra sebagai cermin situasi sosial penulisnya (3) penelitian yang menangkap sastra sebagai manifesttasi peristiwa sejarah dari keadaan sosial dan budaya. Dengan analisisis deskriptif kualitatif sebagai metode untuk menganalisis uraian-uraian dalam novel yang berkaitan dengan peristiwa sejarah mesir. Maka dari, terdapat tiga rumusan masalah tentang konflik sosial masyarakat Mesir , kondisi sosial tokoh-tokoh dan keadaan kepengarangannya pada novel An-nidaul Khalid karya Najib khailani berdasarkan pendekatan sosiologi sastra kritik Alan Swingewood. Penelitian ini menggunakan teori sosiologi sastra Alan Swingewood. Teori ini berupaya melihat karya sastra sebagai cermin dan realitas sosial. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode dialektika, suatu hubungan yang berupaya melihat hubungan timbal-balik antara realitas karya sastra dan realitas sosial, tempat karya sastra tersebut lahir. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konflik yang dialami masyarakat mesir yang terjadi dalam novel An-nida’ul Khalid dan kondisi di setiap tokoh yang berada dalam novel tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada tiga prespektif yang pertama rekaman sejarah yang terjadi peperangan di kota Mesir, kedua fakta sosial keadaan tokoh-tokoh mesir yang ketiga tentang kepengaran novel An-nidaul Khalid karya najib khailani. Kata kunci : An-nidaul Khalid, sosilogi sastra Alan swingewood

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Prof. Dr. H. Taufiq Ahmad Dardiri, SU
Uncontrolled Keywords: An-nidaul Khalid, sosilogi sastra Alan swingewood
Subjects: Kesusastraan Arab > Novel - Fiksi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Jan 2019 02:41
Last Modified: 11 Jan 2019 02:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32354

Actions (login required)

View Item View Item