Al shakhsiyyah wa al dhatiyyah li shakhsiyyah Nurah fi qissah qasirah laylati al zufaf li Najib al Kaylaniy (dirasah tahliliyyah sikologiyyah Abraham Maslow)

Fadhil Rifqi Adril, NIM. 13110021 (2018) Al shakhsiyyah wa al dhatiyyah li shakhsiyyah Nurah fi qissah qasirah laylati al zufaf li Najib al Kaylaniy (dirasah tahliliyyah sikologiyyah Abraham Maslow). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Al shakhsiyyah wa al dhatiyyah li shakhsiyyah Nurah fi qissah qasirah laylati al zufaf li Najib al Kaylaniy (dirasah tahliliyyah sikologiyyah Abraham Maslow))
13110021_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Al shakhsiyyah wa al dhatiyyah li shakhsiyyah Nurah fi qissah qasirah laylati al zufaf li Najib al Kaylaniy (dirasah tahliliyyah sikologiyyah Abraham Maslow))
13110021_BAB-II_sampai_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Kepribadian dan Aktualisasi Diri Nurah dalam cerpen “Lailatul Az-Zhifaf” Karya Najib Al-Kilani Kajian Psikologi Humanistik Abraham Maslow”. Skripsi ini mengkaji peristiwa-peristiwa yang mempengaruhi psikologi tokoh utama pada cerpen Lailatul Az-Zhifaf serta proses pemenuhan kebutuhannya berdasarkan teori kebutuhan bertingkat yang diusung Abraham Maslow. Peneliti tertarik mengkaji cerpen ini karena didalamnya terdapat beberapa fenomena psikologi seperti konflik batin yang dialami oleh tokoh utama yang bernama Nurah adanya tekanan dari luar dirinya sehingga membuat dirinya terpaksa kehilangan hak-hak sebagai individu yang utuh. Selanjutnya, ada dua masalah mendasar yang ingin dijawab peneliti dalam skripsi ini, yaitu apa saja bentuk-bentuk kebutuhan dasar yang ada pada tokoh utama serta bagaimana bentuk kepribadian tokoh berdasarkan hierarki kebutuhan dasar Abraham Maslow? Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis yang berpegang pada teori psikologi humanistik Abraham Maslow yang membahas tentang kebutuhan bertingkat. Teknik catat dilakukan dengan teknik library research (kajian kepustakaan), diawali dengan membahas serta memahami isi serta tema cerita. Kemudian melakukan pendataan peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan fenomena psikologi dan melakukan analisis serta mengklarifikasikan peristiwa yang telah didapatkan ke dalam lima kebutuhan bertingkat. Dengan menggunakan teori tersebut terungkap masalah-masalah yang terdapat dalam cerpen Lailatul Az-Zhifaf yakni berupa adanya tekanan serta ancaman dari suami yang dzolim dan lingkungan sekitarnya. Untuk proses pemenuhan kebutuhan yang dilakukan oleh tokoh utama ditemukan lima dari hierarki (kebutuhan bertingkat) kebutuhan baik yang terpenuhi maupun tidak, yaitu kebutuhan fisiologis (menikah dan acara syukuran), rasa aman (sang suami adalah seorang pembunuh), cinta dan ح memiliki (tidak adanya kasih-sayang dan rasa pengorbanan), kebutuhan harga diri (keputusan untuk menikahi Nurah dan ungkapan kasar dari suami dan anak dari suaminya) dan aktualisasi diri (melarikan diri dari rumah). Jadi, secara keseluruhan Nurah tidak mampu memenuhi semua kebutuhan-kebutuhan dasar tersebut secara sempurna, dikarenakan faktor-faktor lingkungan yang membuat Nurah berani mengambil keputusan untuk melarikan diri dari rumah. Kata Kunci: Najib Al-Kailani, Lailatul Az-Zhifaf, Psikologi Humanistik, Abraham Maslow.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Aning Ayu Kusumawati, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Najib Al-Kailani, Lailatul Az-Zhifaf, Psikologi Humanistik, Abraham Maslow.
Subjects: Kesusastraan Arab > Cerpen
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Jan 2019 02:48
Last Modified: 11 Jan 2019 02:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32355

Actions (login required)

View Item View Item