HUBUNGAN ANTARA PENCAPAIAN STANDAR PROSES PEMBELAJARAN PAI DENGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DI SMP ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA

AFRIDA ZULIA FATIMAH, NIM. 14410113 (2018) HUBUNGAN ANTARA PENCAPAIAN STANDAR PROSES PEMBELAJARAN PAI DENGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DI SMP ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Other (HUBUNGAN ANTARA PENCAPAIAN STANDAR PROSES PEMBELAJARAN PAI DENGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DI SMP ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
14410113_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Other (HUBUNGAN ANTARA PENCAPAIAN STANDAR PROSES PEMBELAJARAN PAI DENGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DI SMP ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
14410113_BAB_II_S.D_BAB_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.PDF - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (12MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah terdapat masalah terkait dengan kecerdasan interpersonal siswa di SMP Ali Maksum yakni kurangnya peduli antarsiswa. Seperti halnya ada beberapa siswa yang kurang antusias untuk bekerja sama dalam kegiatan diskusi saat kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pencapaian standar proses pembelajaran PAI di SMP Ali Maksum Krapayak Yogyakarta, 2) mengetahui kecerdasan interpersonal siswa di SMP Ali Maksum Krapayak Yogyakarta, 3) mengetahui hubungan antara pencapaian standar proses pembelajaran PAI dengan kecerdasan interpersonal siswa di SMP Ali Maksum Krapayak Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Ali Maksum Krapayak Yogyakarta dengan populasi berjumlah 211 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling dan menentukan jumlah sampel dengan menggunakan rumus metode Slovin diperoleh jumlah sampel sebanyak 138 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas sedangkan untuk analisis data meliputi analisis statistik deskriptif dan analisis korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pencapaian standar proses pembelajaran PAI tergolong kategori sedang dengan presentase 19,56% dan berada pada interval 74-76. 2) Kecerdasan Interpersonal siswa tergolong kategori rendah dengan presentase 23,18% dan berada pada interval 39 - 41. 3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pencapaian standar proses pembelajaran PAI dengan kecerdasan interpersonal siswa ditandai oleh koefisien korelasi rxy = 0.178 dengan p = 0,036 (p 0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M.Si
Uncontrolled Keywords: Standar Proses, Kecerdasan Interpersonal.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Jan 2019 03:20
Last Modified: 11 Jan 2019 03:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32359

Actions (login required)

View Item View Item