UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK MELALUI BERMAIN PERAN DI TK ABA KARANGANYAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017-2018

DEWI FAHMI ATS-TSANNY, NIM. 13430004 (2018) UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK MELALUI BERMAIN PERAN DI TK ABA KARANGANYAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017-2018. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK MELALUI BERMAIN PERAN DI TK ABA KARANGANYAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017-2018)
13430004_BAB-I_IV_atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK MELALUI BERMAIN PERAN DI TK ABA KARANGANYAR YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017-2018)
13430004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dari penelitin ini adalah: (1) untuk mengetahui seberapa besar tingkat kecerdasan interpersonal anak kelompok A2 TK ABA Karanganyar sebelum dilakukan penerapan bermain peran, (2) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran bermain peran di kelompok A2 TK ABA Karanganyar, (3) untuk mengetahui seberapa besar tingkat kecerdasan interpersonal anak kelompok A2 TK ABA Karanganyar setelah dilakukan penerapan bermain peran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan mengambil data yang dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun urutan pelaksanaan penelitian ini mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari menganalisis hasil catatan observasi dan wawancara. Data kuantitatif diperoleh dari menganalisis data observasi berdasarkan penyajian tabel dan persentase. Penentuan kriteria dalam penelitian ini menggunakan rumus yang dikembangkan oleh Djemari Mardapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kecerdasan interpersonal anak kelompok A2 TK ABA Karanganyar sebelum tindakan hanya sebesar 23,08% anak yang memiliki kecerdasan interpersonal dengan kategori tinggi dalam megikuti pembelajaran masih tergolong kurang atau belum optimal. (2) penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak kelompok A2 TK ABA Karanganyar. pelaksanaan kegiatan bermain peran berhasil meningkat dari kriteria tinggi pada siklus I menjadi sangat tinggi pada siklus II. (3) setelah diterapkannya pembelajaran menggunakan metode bermain peran, terjadi peningkatan kecerdasan interpersonal anak pada siklus I sebesar 38,46% dan meningkat pada siklus II menjadi sebesar 84,61% (kategori tinggi dan sangat tinggi).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Ichsan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Interpersonal, Bermain Peran
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 11 Jan 2019 10:40
Last Modified: 11 Jan 2019 10:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32362

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum