STRATEGI APLIKASI KURIKULUM TERPADU PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA

KHATRIN SEPTIA KURNIASIH, NIM. 14410121 (2018) STRATEGI APLIKASI KURIKULUM TERPADU PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI APLIKASI KURIKULUM TERPADU PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA)
11120090_BAB-I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI APLIKASI KURIKULUM TERPADU PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA)
11140025_BAB-II_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran kurang sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Masalah tersebut muncul karena kurikulum yang digunakan adalah kurikulum terpadu yaitu perpaduan antara kurikulum kemenag (Kurikulum 2103) dan kurikulum pesantren (Kulliyatul Mu‟allimat al-Islamiyah). Dengan demikian, guru harus menyusun RPP dengan mengacu pada kurikulum yang telah dipadukan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan latar MA Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan penafsiran terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna tersebut kemudian ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode, dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Strategi aplikasi kurikulum terpadu pada pembelajaran Akidah Akhlak di MA Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta antara lain pengaturan guru menggunakan pengaturan sendiri, pengaturan siswa disesuaikan dengan situasi dan kondisi, peristiwa belajar-mengajar menggunakan pengaturan terbuka, sedangkan pengolahan pesan menggunakan huristic, dan integrasi iptek dan imtaq menggunakan apologic, pengembangan RPP mata pelajaran Akidah Akhlak, upaya perumusan KI dan KD Kurikulum Terpadu dengan memasukkan KI dan KD Kurikulum 2013, pembinaan bahasa Arab/Inggris (Ilqoul Mufrodat) untuk menambah kosa-kata siswa setiap harinya, dukungan dari stakeholder (yayasan, pemerintah, guru, komite, dan masyarakat), evaluasi kegiatan yang rutin dilakukan setiap minggu, penggunaan sumber belajar (Kitab Tauhid, buku Akidah Akhlak Kurikulum 2013, dan al-Quran). (2) Problem strategi aplikasi kurikulum terpadu pada pembelajaran Akidah Akhlak di MA Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta antara lain kegiatan pembelajaran yang tidak sesuai dengan RPP, kurangnya waktu pembelajaran, siswa kurang memperhatikan pembelajaran di kelas, penggunaan bahasa Arab dalam pembelajaran menyebabkan guru harus bekerja dua kali (menerjemahkan dan menjelaskan), pinjam-meminjam sumber belajar antar siswa, kurangnya media pembelajaran, kurang kreatifitas dalam pengembangan strategi pembelajaran, dan kurangnya evaluasi pembelajaran. (3) Solusi problem strategi aplikasi kurikulum terpadu di MA Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta antara lain membuat RPP terlebih dahulu sebelum pelaksanaan pembelajaran, mengadakan workshop bagi semua guru, membuat pedoman kurikulum dan pembelajaran terpadu yang dapat menunjang integrasi pengetahuan, menambah intensitas pelaksanaan upgrading bagi guru, dan mewajibkan siswa membeli kitab dan buku

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr.H. Rofik,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Strategi, Aplikasi, Kurikulum, Terpadu
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Jan 2019 11:05
Last Modified: 11 Jan 2019 11:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32363

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum