METODE PENDIDIKAN AQLIYAH MENURUT IBNU KHALDUN DAN AL GHAZALI SERTA RELEVANSINYA TERHADAP METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

FIJAJ PHAISAL RAMDHONI, NIM. 14410134 (2018) METODE PENDIDIKAN AQLIYAH MENURUT IBNU KHALDUN DAN AL GHAZALI SERTA RELEVANSINYA TERHADAP METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PENDIDIKAN AQLIYAH MENURUT IBNU KHALDUN DAN AL GHAZALI SERTA RELEVANSINYA TERHADAP METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
14410134_BAB I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (METODE PENDIDIKAN AQLIYAH MENURUT IBNU KHALDUN DAN AL GHAZALI SERTA RELEVANSINYA TERHADAP METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
14410134_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan aqliyah bukan sekedar “transfer of knowledge” atapun “transfer of training”, tetapi lebih merupakan suatu sistem yang ditata di atas pondasi dasar-dasar agama Islam yaitu sesuai dengan Al-Qur‟an dan Hadits. Pendidikan aqliyah suatu kegiatan yang mengarahkan dengan sengaja perkembangan akal fikiran seseorang sesuai atau sejalan dengan nilai-nilai agama Islam. Pendidikan aqliyah di sekolah diterima secara mentah tanpa adanya internalisasi yang mendalam, sehingga terjadilah minimnya pemahaman secara kontekstual. Metode pendidikan aqliyah yang menjadi salah satu hal urgen dalam proses pendidikan aqliyah masil saja menimbulkan problema-problema yang belum dapat terselesaikan, banyak para pendidik sampai saat ini memandang bahwa metode pendidikan aqliyah merupakan hanya sekedar mentransfer ilmu pengetahuan saja dengan cara apapun. Dalam sejarah perkembangan pedidikan aqliyah memiliki pengaruh terhadap pola pikir akal ilmu pengetahuan peserta didik di seluruh penjuru. Tokoh-tokoh Islam pun mulai mencoba mengembangkan metode pendidikan aqliyah secara optimal dan sesuai dengan dasar-dasar agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian library research, dengan objek material penelitian adalah kepustakaan pikiran filsuf dalam kitab Muqaddimah karya Ibnu Khaldun dan kitab Ihya Ulumuddin karya Al Ghazali. Pengumpulan data dilakukan melalui metode interpretasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan analisis komparasi melalui penelitian yang membahas perbandingan suatu metode dari metode pendidikan aqliyah dalam kitab Muqaddimah dan kitab Ihya Ulumuddin secara objektif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa metode pendidikan aqliyah adalah upaya atau c ara untuk dapat mengembangkan dan membina potensi akal dalam berolah pikir agar mencapai kehidupan yang baik dan benar di dunia dan di akhirat berdasarkan prinsip agama Islam. Adapun metode-metodenya yaitu metode pendidikan aqliyah menurut Ibnu Khaldun yang tertuang dalam kitab Muqaddimah yaitu metode hafalan, metode pengulangan, dan metode debat atau diskusi, kemudian juga metode-metode pendidikan aqliyah yang dikemukakan oleh Imam Al Ghazali yang tertuang dalam kitab Ihya Ulumuddin yaitu metode percobaan, metode pengalaman, metode penelitian, dan metode alam sekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Usman, SS., M. Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Aqliyah, Ibnu Khaldun, Al-Ghazali
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Jan 2019 06:22
Last Modified: 11 Jan 2019 06:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32365

Actions (login required)

View Item View Item