IMPLEMENTASI KAWRUH PAMOMONG KI AGENG SURYOMENTARAM PADA ANAK USIA DINI DI TK SIAP BHAKTI 02 SEGIRI PABELAN SEMARANG

KHOIRUN NISAK, NIM. 13430009 (2018) IMPLEMENTASI KAWRUH PAMOMONG KI AGENG SURYOMENTARAM PADA ANAK USIA DINI DI TK SIAP BHAKTI 02 SEGIRI PABELAN SEMARANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KAWRUH PAMOMONG KI AGENG SURYOMENTARAM PADA ANAK USIA DINI DI TK SIAP BHAKTI 02 SEGIRI PABELAN SEMARANG)
13430009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KAWRUH PAMOMONG KI AGENG SURYOMENTARAM PADA ANAK USIA DINI DI TK SIAP BHAKTI 02 SEGIRI PABELAN SEMARANG)
13430009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Kawruh Pamomong Ki Ageng Suryomentaram pada anak usia dini di TK Siap Bhakti 02 Segiri Pabelan Semarang dan melihat faktor pendukung serta faktor penghambat implementasi Kawruh Pamomong Ki Ageng Suryomentaram pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh dari tiga subjek utama serta informan yaitu murid TK Siap Bhakti 02 Segiri Pabelan Semarang, orang tua subjek, kepala sekolah dan guru kelas. Dalam implementasi kawruh pamomong Ki Ageng Suryomentaram pada anak usia dini ada tiga prinsip yang harus diketahui yaitu mengajarkan anak berpikir benar, memiliki raos sih (kasih sayang), mencintai keindahan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu penuajian data dalam bentuk tulisan dan menerangkan apa adanya sesuai dengan data yang diperoleh dari hasil penelitian. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kawruh pamomong Ki Ageng Suryomentaram pada Anak Usia Dini di TK Siap Bhakti 02 Segiri Pabelan Semarang ditinjau dari sikap murid-murid saat pembelajaran di sekolah. Selain itu dilihat dari SOP kegiatan harian TK Siap Bhakti 02 Segiri Pabelan Semarang mulai dari pendahuluan (pembukaan), isi dan penutup menggunakan hidden kurikulum (diselipkan) kawruh pamomong Ki Ageng Suryomentaram. Implementasi berpikir benar pada Subjek I yang memiliki kepercayaan diri lebih dan aktif sehingga Subjek I dapat berpikir benar bahwa bergantian dengan teman adalah kebaikan. Raos Sih diimplementasikan pada Subjek II yang tidak bersedia mengikuti pembelajaran di awal semester sehingga Subjek II merasa nyaman dan mau mengikuti kegiatan belajar mengajar. Sedangkan implementasi Raos Sih pada Subjek III yang sulit bersosialisasi dan pendiam sehingga Subjek III dapat bergaul dengan temannya tanpa membeda-bedakan. Hasil dari implementasi ini bisa dilihat saat pembelajaran klasikal dan pembelajaran personal pada paparan data. Faktor penghambat implementasi Kawruh Pamomong pada anak usia dini meliputi keluarga dan masyarakat sedangkan faktor pendukung meliputi TK Siap Bhakti 02 Segiri Pabelan Semarang sebagai laboratorium dan Junggring Sakoka sebagai perkumpulan di Segiri Pabelan Semarang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Nadlifah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kawruh Pamomong Ki Ageng Suryomentaram dan Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 11 Jan 2019 06:58
Last Modified: 11 Jan 2019 06:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32367

Actions (login required)

View Item View Item