KONSEP PENDIDIKAN ḤIKMAH, MAU’IẒAH, DAN JIDAL SERTA RELEVANSINYA DENGAN METODE PENDIDIKAN ISLAM (Kajian Tematik Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab)

ERWIN SISWANTO, NIM. 14410143 (2018) KONSEP PENDIDIKAN ḤIKMAH, MAU’IẒAH, DAN JIDAL SERTA RELEVANSINYA DENGAN METODE PENDIDIKAN ISLAM (Kajian Tematik Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN ḤIKMAH, MAU’IẒAH, DAN JIDAL SERTA RELEVANSINYA DENGAN METODE PENDIDIKAN ISLAM (Kajian Tematik Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab))
14410143_BAB I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN ḤIKMAH, MAU’IẒAH, DAN JIDAL SERTA RELEVANSINYA DENGAN METODE PENDIDIKAN ISLAM (Kajian Tematik Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab))
14410143_BAB II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah tentang pentingnya metode dalam pendidikan, dimana para pendidik dituntut untuk profesional dalam mengembangkan pendekatan dan metode. Juga dengan melihat fenomena yang terjadi, nampaknya di zaman sekarang ini aspek-aspek pendidikan Islam khususnya metode pendidikan Islam adalah hal yang sangat sulit untuk dipraktekkan dalam dunia pendidikan yang menciptakan pendidikan yang lebih Islami, karena pada umumnya para pendidik hanya menggunakan metode itu-itu saja atau menggunakan metode-metode yang dikembangkan dari dunia Barat. Oleh karena itulah diadakan penelitian tentang sebuah konsep metode pendidikan Islam yang bersumber dari al-quran. Dan penelitian ini bertujuan mengungkap bahwa dalam al-quran terdapat metode-metode yang mampu untuk diterapkan pada proses pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian library research (kepustakaan), dengan mengambil metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode deskriptif analisis, yaitu menganalisis masalah yang akan dibahas dengan cara mengumpulkan data-data kepustakaan, pendapat para mufassir. Kemudian mendeskripsikan pendapat para mufassir, selanjutnya membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Konsep ḥikmah adalah sebuah cara yang dilakukan dengan pengupayaan yang mencakup seluruh kecerdasan emosional, intelektual, dan spiritual, (2) Konsep mau’iẓah adalah sebagai bentuk pendidikan dengan memberikan nasehat dan peringatan yang baik dan benar, perkataan yang lemah lembut, penuh dengan keikhlasan, sehingga peserta didik terdorong untuk melakukan segala aktivitasnya dengan baik, (3) Konsep jidal merupakan sebuah metode berdebat dan berdiskusi, yakni sebuah upaya untuk meyakinkan akan pandangan kebenaran dengan bukti-bukti yang mematahkan alasan atau dalih mitra diskusi dan menjadikannya tidak dapat bertahan, baik yang dipaparkan itu diterima oleh semua orang maupun hanya oleh mitra bicaranya dan mendengarkan serta menerima pengaduan atau pendapat. Dengan demikian konsep pendidikan hikmah, mau’izah, dan jidal memiliki relevansi dengan metode pendidikan agama Islam. Ketiga metode tersebut merupakan metode yang sampai sekarang masih dibutuhkan, karena dengan menerapkan metode tersebut menjadikan pembelajaran yang lebih mengena dan mudah dipahami oleh peserta didik serta ketiga metode tersebut merupakan cara yang mudah untuk dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Mahmud Arif, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Ḥikmah, Mau’iẓah, dan Jidal
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Jan 2019 07:03
Last Modified: 11 Jan 2019 07:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32368

Actions (login required)

View Item View Item