EFEKTIVITAS KEGIATAN Tāḥfīẓ DALAM MEMBANGUN KEPRIBADIAN ANAK DI PONDOK PESANTREN NURUL QUR’AN DUSUN NGEMBES PENGKOK PATUK GUNUNGKIDUL

Dwi Okti Sudarti, NIM. 14410149 (2018) EFEKTIVITAS KEGIATAN Tāḥfīẓ DALAM MEMBANGUN KEPRIBADIAN ANAK DI PONDOK PESANTREN NURUL QUR’AN DUSUN NGEMBES PENGKOK PATUK GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS KEGIATAN Tāḥfīẓ DALAM MEMBANGUN KEPRIBADIAN ANAK DI PONDOK PESANTREN NURUL QUR’AN DUSUN NGEMBES PENGKOK PATUK GUNUNGKIDUL)
14410149_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS KEGIATAN Tāḥfīẓ DALAM MEMBANGUN KEPRIBADIAN ANAK DI PONDOK PESANTREN NURUL QUR’AN DUSUN NGEMBES PENGKOK PATUK GUNUNGKIDUL)
14410149_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang bahwa menurut Undang-undang Republik Indonesia No 2 tahun 1989, tentang sistem pendidikan Nasional sebagai sebuah sistem, pendidikan nasional mempunyai tujuan yang jelas, seperti yang dicantumkan pada Undang-Undang mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, sehat jasmani, dan rohani, berkepribadian yang mantap dan mandiri serta bertanggung jawab. Pendidikan umum dan pendidikan Islam bukan lagi sekedar bertujuan untuk memberantas buta huruf. Akan tetapi lebih mengembangkan potensi dan kepribadian yang dimiliki peserta didik. Pondok pesantren Nurul Qur‟an menjadikan tāḥfīẓ sebagai salah satu alternatif dalam membangun kepribadian santri. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan kegiatan tāḥ fīẓ dalam membangun kepribadian anak di pondok pesantren Nurul Qur‟an dusun Ngembes, Pengkok, Patuk, Gunungkidul, Bagaimana efektivitas kegiatan tāḥ fīẓ dalam membangun kepribadian anak di pondok pesantren Nurul Qur‟an dusun Ngembes, Pengkok, Patuk, Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Pondok Pesantren Nurul Qur‟an Dusun Ngembes, Pengkok, Patuk, Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif-induktif dngan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan triangulasi (gabungan). Hasil penelitian ini yaitu (1) kegiatan tāḥfīẓ dalam membangun kepribadian anak melalui proses pembiasaan strategi yang mereka lakukan ketika menghafal Al-Qur‟an. Evaluasi sebagai tindakan akhir juga dapat memperkuat dalam membangun kepribadian anak. (2) Efektivitas kegiatan tāḥfīẓ dalam membangun kepribadian anak melalui pengamatan santri diperoleh cukup efektif dalam hal, mandiri dalam berfikir dan bertindak, mampu menjalin relasi yang sehat dengan sesamanya, mampu melihat diri sendiri dan orang lain apa adanya, dapat menerima dan melaksanakan tanggung jawab yang dipercayakan. Sedangkan kegiatan tāḥfīẓ diperoleh kurang efektif dalam mengendalikan emosi. Dari kelima aspek yang telah diteliti mengetahui bahwa kepribadian anak tidak hanya dibangun melalui tāḥfīẓ saja, tetapi didukung dengan faktor lainnya, seperti adanya pengajian kitab dan aktivitas yang ada di lokal pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Mujahid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Kegiatan Tāḥfīẓ, Kepribadian Anak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Jan 2019 07:36
Last Modified: 11 Jan 2019 07:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/32369

Actions (login required)

View Item View Item